Docotel Official Blog
Pentingnya Tata Kelola yang Baik bagi Organisasi atau Perusahaan 1

Pentingnya Tata Kelola yang Baik bagi Organisasi atau Perusahaan

Setiap organisasi, dalam bentuk apapun, tentu memiliki visi dan misi demi mencapai tujuan dan program kerja yang telah disepakati. Keberhasilan organisasi dalam mencapai tujuan ditentukan oleh berbagai hal, salah satunya adalah tata kelola organisasi.

Kenapa dibutuhkan tata kelola yang baik (good governance) bagi organisasi?

Tata kelola organisasi yang baik (good organization governance – GOG) dibutuhkan untuk mengatur dan mengendalikan hubungan antara pihak manajemen organisasi dengan seluruh pihak yang berkepentingan terhadap organisasi mengenai hak-hak dan kewajiban mereka sesuai dengan visi-misi organisasi. Hal ini bertujuan menciptakan nilai tambah bagi semua pihak yang berkepentingan serta tercapainya tujuan dan program kerja organisasi secara efektif.

Agar organisasi dapat berjalan dengan baik maka seluruh pihak perlu melaksanakan prinsip dasar tata kelola organisasi yang baik. Prinsip-prinsip tata kelola organisasi disusun secara fleksibel sehingga dapat diimplementasikan bagi segala bentuk organisasi. Prinsip-prinsip tata kelola organisasi yang dimaksud, antara lain sebagai berikut.

  1. Kewajaran (fairness)

Organisasi yang menjunjung tinggi prinsip Kewajaran (Fairness) akan membuat seluruh pihak dalam organisasi terjamin dalam memperoleh hak dan kewajibannya, terhindar dari praktek tercela yang dilakukan sesama pihak dalam organisasi, serta mendapatkan perlakuan adil dari organisasi, tanpa perbedaan perlakuan atas dasar suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

  1. Keterbukaan (transparency)

Suatu organisasi harus menerapkan prinsip keterbukaan atas informasi pencapaian kinerja organisasi secara umum dengan tepat dan akurat. Prinsip ini meliputi kondisi keuangan internal, kinerja organisasi, kepemilikan, dan pengelolaan organisasi. Agar dapat mengakomodasi prinsip keterbukaan ini, suatu organisasi harus melakukan pengauditan/pemeriksaan internal agar dapat menjalankan proses audit terkait kinerja organisasi secara independen. Dengan iklim keterbukaan informasi ini, masing-masing pihak dalam organisasi akan memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap kinerja organisasi serta meningkatkan posisi tawar organisasi pada lingkup eksternal.

  1. Akuntabilitas (accountability)

Prinsip akuntabilitas dalam organisasi berkaitan dengan pencatatan laporan kinerja organisasi yang dikeluarkan secara resmi oleh jajaran pimpinan (top level management) yang valid menyangkut sumber/input, proses yang dilakukan, hingga hasil/output yang didapatkan dalam suatu organisasi secara terperinci dan siap dipertanggungjawabkan secara hukum.

  1. Pertanggungjawaban (responsibility)

Prinsip ini menuntut pimpinan (top level management) organisasi menjalankan kegiatan secara bertanggung jawab. Pengelola organisasi hendaknya menghindari segala kebijakan yang bukan saja dapat merugikan organisasi secara kolektif, tapi juga berpotensi merugikan pihak eksternal dari segi morel maupun materiel.

  1. Kemandirian (independency)

Prinsip kemandirian menuntut pengelola organisasi agar bertindak secara mandiri sesuai peran dan fungsi yang dimilikinya tanpa ada tekanan-tekanan dari pihak mana pun yang tidak sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). Namun, pengelola organisasi harus tetap memberikan pengakuan terhadap hak-hak pihak terkait sesuai ketentuan yang berlaku.

 

Lalu, bagaimana melaksanakan tata kelola organisasi yang baik?

Dalam prakteknya prinsip tata kelola organisasi yang baik harus dibangun dan dikembangkan secara bertahap dengan melibatkan semua pihak yang berkepentingan. Organisasi harus membangun sistem dan pedoman tata kelola organisasi yang terintegrasi. Karyawan pun harus dibekali pemahaman dan pengetahuan tentang prinsip-prinsip tata kelola organisasi yang baik sesuai dengan apa yang akan dijalankan organisasi. Selain itu, perlu dilakukan pengawasan secara kontinyu terhadap proses-proses yang terjadi dalam sistem tata kelola yang sudah dibuat.

 

Nah, itulah 5 (lima) prinsip good organization yang harus diterapkan organisasi/perusahaan agar dapat berkembang sesuai harapan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara bersama-sama.

Artikel ini dibbuat untuk memperkenalkan salah satu produk Docotel yaitu FaceOffice Corporate. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website FaceOffice di https://www.faceoffice.co.id/  atau blog FaceOffice di https://blog.faceoffice.co.id/

Author: Tim FaceOffice

Editorial: Teresa Iswara

 

armitatyas

armitatyas

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed