Docotel Official Blog
Mencapai Tujuan Perusahaan dengan Tata Kelola Perusahaan Secara Online 1

Mencapai Tujuan Perusahaan dengan Tata Kelola Perusahaan Secara Online

Memiliki sistem tata kelola perusahaan yang baik tentu menjadi cita-cita setiap perusahaan. Dengan menjalankan sistem tata kelola yang baik, tujuan sebuah perusahaan dapat terlaksanakan. Demi tujuan perusahaan tersebut maka setiap elemen, baik pemegang saham, manajemen, dewan direksi, maupun karyawan yang terlibat dalam perusahaan wajib untuk ikut mengelola perusahaan. Semua elemen perusahaan tersebut nantinya akan bersama-sama menjalankan proses yang berisikan kebijakan serta aturan perusahaan berdasarkan sistem yang telah disepakati.

 

Kebutuhan untuk membuat sistem tata kelola yang baik pada umumnya dipengaruhi oleh perubahan lingkungan eksternal, salah satunya yaitu perkembangan teknologi informasi. Oleh karena itu, sudah menjadi suatu keharusan bahwa pengembangan sistem pendukung tata kelola perusahaan dapat diimplementasi dengan menerapkan prinsip keterhubungan antara satu pihak dengan pihak lain (online).

 

Perlukah membuat sistem tata kelola organisasi/perusahaan secara online?

Dewasa ini, perkembangan teknologi informasi (IT) berjalan begitu cepat dan segala aktivitas kita sehari-hari tidak bisa dilepaskan dari teknologi IT. Dalam suatu organisasi/perusahaan, pola aktivitas komunikasi, koordinasi, serta administrasi antarkaryawan pun memerlukan suatu sistem pengelolaan yang secara khusus menangani segala bentuk proses kinerja. Sistem yang diterapkan perusahaan harus dapat terakomodasi dan saling terhubung secara online dan realtime.

Mencapai Tujuan Perusahaan dengan Tata Kelola Perusahaan Secara Online 2

 

Banyak sekali model sistem tata kelola online yang beredar untuk mengelola semua aktivitas perusahaan demi menunjang keberhasilan tujuan perusahaan. Namun perlu ditekankan untuk memilih sistem yang memang tepat guna.

Model sistem tata kelola online yang baik untuk perusahaan, terlebih yang berkaitan dengan instansi pemerintah, adalah sistem online yang terintegrasi satu sama lain, seperti divisi dengan divisi, direktorat dengan direktorat, pegawai dengan pimpinan, pimpinan dengan pimpinan, bahkan pegawai dengan pegawai. Sistem online ini juga mengedepankan aspek validitas data dan informasi, serta aspek keamanan informasi-informasi yang sensitif terkait dengan rahasia instansi/organisasi/perusahaan.

 

Bagaimana mewujudkan sistem tata kelola secara online?

Jadi, untuk mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik, setidaknya ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh manajemen perusahaan seperti berikut ini.

  1. Menentukan kebutuhan sistem tata kelola yang akan diimplementasi secara spesifik, ini terkait dengan fitur apa saja yang harus diakomodasi oleh sistem sesuai kebutuhan perusahaan.
  2. Membuat standar bisnis proses yang akan diimplementasikan ke dalam sistem tata kelola sesuai dengan alur bisnis proses yang terjadi pada perusahaan.
  3. Menyediakan data pendukung sistem yang meliputi struktur organisasi perusahaan, data pegawai, serta data-data mentah yang akan diproses oleh sistem.
  4. Mempersiapkan resources (SDM) yang akan mengelola secara kontinyu aktivitas pengelolaan sistem tata kelola perusahaan.

Perusahaan harus bijak dalam memilih model sistem yang digunakan agar tidak menimbulkan masalah saat diimplementasikan. Oleh karena itu, untuk menjalankan tata kelola perusahaan secara efektif dan efisien, percayakan sistem perusahaan Anda pada Produk Sistem Aplikasi FACEOFFICE. Dengan FaceOffice, segala bentuk tata kelola dan pengolahan data perusahaan/organisasi dapat dijalankan secara mudah, fleksibel, terintegrasi, serta terjamin keamanan data/informasinya. FaceOffice juga menyediakan beberapa modul aplikasi tata kelola yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan sehingga sistem yang digunakan betul-betul efektif dan tepat guna.

Artikel ini dibuat untuk memperkenalkan salah satu produk Docotel yaitu FaceOffice Corporate. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website FaceOffice di https://www.faceoffice.co.id/  atau blog FaceOffice di https://blog.faceoffice.co.id/

Author: Tim FaceOffice

Editorial: Teresa Iswara

 

armitatyas

armitatyas

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed