Docotel Official Blog
Payment Gateway Artinya Teknologi Untuk Mempermudah Transaksi Bisnis, Ini Cara Kerja dan Manfaatnya! 1

Payment Gateway Artinya Teknologi Untuk Mempermudah Transaksi Bisnis, Ini Cara Kerja dan Manfaatnya!

Jika beberapa dekade yang lalu kita masih menggunakan uang tunai untuk bertransaksi, sekarang kita tidak perlu lagi melakukannya. Dengan kemajuan teknologi, maka kita hanya perlu menggunakan payment gateway untuk melakukan sebuah transaksi.

Payment gateway artinya adalah sebuah jembatan penting dalam suatu proses pembayaran secara online, yang bertujuan untuk menjamin keamanan dan efisiensi dalam setiap transaksi. Kita pasti pernah berbelanja online dan melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit atau transfer bank, itu artinya kita telah menggunakan layanan payment gateway ini.

Fungsi dari payment gateway sangatlah krusial dalam konteks transaksi online, terutama dalam mengantisipasi meningkatnya kasus kejahatan siber. Dijelaskan juga di dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 19/8/PBI/2017 tentang Gerbang Pembayaran Nasional, yaitu untuk mewujudkan sistem pembayaran nasional yang aman, lancar, efisien, dan andal, sekaligus juga memudahkan dalam proses transaksi. Namun, mengapa hal ini begitu penting? Bagaimana sebenarnya cara kerja dari payment gateway?

Artikel Docotel ini tentunya akan merinci lebih lanjut tentang payment gateway artinya dan perannya yang sangat penting dalam memfasilitasi pembayaran online, khususnya dalam hal keamanan. Jadi, tanpa perlu menunggu lebih lama, yuk kita telusuri penjelasan lengkapnya!

 

Apa Itu Payment Gateway?

Payment Gateway Artinya Teknologi Untuk Mempermudah Transaksi Bisnis, Ini Cara Kerja dan Manfaatnya! 2

Sumber: freepik

 

Payment gateway artinya adalah sebuah teknologi yang memainkan peran penting dalam mengkoordinasikan dan memfasilitasi otorisasi dalam proses transaksi antara pedagang (merchant) dan lembaga keuangan seperti bank. Fungsinya adalah memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran menggunakan berbagai metode, termasuk kartu kredit, kartu debit, atau pembayaran digital lainnya.

Tanpa adanya payment gateway, proses pembayaran dalam transaksi online akan menjadi lebih rumit. Pelanggan harus melakukan transfer melalui bank atau menggunakan layanan pembayaran online lain secara manual. Selanjutnya, pemilik toko online juga perlu memverifikasi pembayaran tersebut secara manual sebelum memproses pesanan.

Dengan adanya payment gateway artinya proses pembayaran menjadi lebih efisien dan cepat. Payment gateway artinya juga berfungsi seperti teller bank yang memberikan validasi terhadap transaksi kita. Dengan demikian, prosesnya menjadi mirip dengan saat kita sedang melakukan transaksi konvensional di bank.

Tugas utama dari payment gateway adalah memvalidasi informasi pembayaran yang diberikan oleh pelanggan, mengirimkan permintaan pembayaran ke lembaga keuangan yang terkait, dan memberikan notifikasi kepada pelanggan mengenai status transaksi mereka.

Selain memfasilitasi proses pembayaran, payment gateway artinya juga membantu dalam proses pengembalian dana atau refund jika terjadi masalah dengan transaksi. Ketika pelanggan mengajukan permintaan refund, payment gateway akan memproses permintaan tersebut dan mengembalikan dana ke pelanggan.

Dalam hal keamanan, payment gateway mengimplementasikan berbagai lapisan keamanan yang ketat. Semua data yang diperlukan dalam transaksi online, termasuk informasi kartu pembayaran dan data pribadi pelanggan, dienkripsi dan disimpan dengan aman. Hal ini bertujuan untuk melindungi informasi sensitif pelanggan dari akses yang tidak sah atau kebocoran data.

Selain itu, payment gateway juga menggunakan protokol keamanan seperti SSL (Secure Socket Layer) untuk mengamankan komunikasi antara pelanggan dan server payment gateway. Hal ini menghindarkan kemungkinan adanya penyusup yang mencoba mengganggu atau mencuri informasi selama proses transaksi.

Pentingnya keamanan dalam penggunaan payment gateway juga tercermin dalam standar keamanan industri seperti PCI DSS (Payment Card Industry Data Security Standard), yang mengatur prosedur dan kontrol keamanan untuk menjaga keamanan data pembayaran pelanggan.

Dengan adanya payment gateway yang aman dan efisien, pelanggan dapat melakukan transaksi online dengan lebih nyaman dan tanpa khawatir akan keamanan data pribadi dan finansial mereka. Ini memungkinkan pertumbuhan bisnis online yang lebih besar dan meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam berbelanja secara daring.

Dalam sebuah sistem payment gateway, terdapat beberapa sistem keamanan yang sangat penting untuk melindungi transaksi online:

  • Address Verification System (AVS)

Sistem ini mengidentifikasi rincian tagihan pelanggan dan memeriksa kesesuaian dengan alamat yang terdaftar pada kartu yang digunakan.

  • Card Security Code (CSC) atau CVV (Card Verification Value)

Pelanggan diminta untuk memasukkan tiga digit angka yang terletak di bagian belakang kartu kredit atau debit saat melakukan transaksi. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa pemilik kartu yang sebenarnya yang melakukan transaksi.

  • 3D Secure Password

Pengguna harus menggunakan kata sandi khusus saat melakukan transaksi online, meningkatkan lapisan keamanan.

Dengan adanya sistem-sistem keamanan ini, payment gateway artinya dapat memastikan bahwa setiap transaksi dilakukan secara aman dan terhindar dari penipuan atau akses yang tidak sah.

Sekarang, kita telah memahami pengertian payment gateway beserta berbagai sistem keamanannya. Selanjutnya, artikel Docotel ini juga akan menjelaskan secara lebih rinci mengenai cara kerja payment gateway agar bisa mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam. Yuk, teruskan membaca di bawah ini!

 

Sistem Payment Gateway Mudah Dengan Virtual Account Docotel

Payment Gateway Artinya Teknologi Untuk Mempermudah Transaksi Bisnis, Ini Cara Kerja dan Manfaatnya! 3

Sumber: freepik

 

Salah satu produk yang ditawarkan oleh payment gateway adalah Virtual Account. Dengan menggunakan Virtual Account untuk menerima pembayaran, kita dapat menghindari kesulitan dalam mencocokkan pembayaran dengan transaksi secara manual.

Salah satu penyedia layanan teknologi pembayaran Virtual Account adalah Docotel. Layanan Virtual Account yang dimiliki oleh Docotel, bank memberikan nomor rekening virtual kepada nasabah yang terhubung dengan rekening utama mereka. Nasabah dapat menggunakan nomor rekening virtual ini untuk menerima pembayaran dari berbagai sumber, seperti transfer dari bank lain, pembayaran dari pelanggan, atau penerimaan pembayaran dari platform online.

Untuk memperjelas perbedaan antara menggunakan Virtual Account Docotel dan transfer bank konvensional dalam menerima pembayaran, mari kita gambarkan Virtual Account Docotel sebagai sebuah pintu.

Bayangkan rekening kita sebagai sebuah ruangan besar yang memiliki beberapa pintu. Dimana setiap pintu mewakili metode pembayaran yang berbeda, seperti transfer bank atau pembayaran dengan Virtual Account. Meskipun orang memasuki ruangan melalui pintu yang berbeda, mereka masih akan berada dalam ruangan yang sama.

Jadi, dalam kasus Virtual Account, meskipun pembayaran diterima melalui pintu masuk yang berbeda, sistem akan mengarahkannya ke rekening yang sama. Hal ini memudahkan pengelolaan dan pelacakan pembayaran tanpa harus membuat banyak akun atau menyulitkan pelanggan dengan proses pembayaran yang berbeda.

Virtual Account Docotel sendiri telah bekerja sama dengan banyak bank yang langsung terintegrasi dengan sistem Docotel. Virtual Account Docotel juga akan mengirimkan notifikasi pembayaran yang real time dan juga otomatis setiap ada pembayaran ke Virtual Account tersebut.

 

Cara Kerja Payment Gateway

Payment Gateway Artinya Teknologi Untuk Mempermudah Transaksi Bisnis, Ini Cara Kerja dan Manfaatnya! 4

Sumber: freepik

 

Setelah memahami dengan jelas apa itu payment gateway, tentunya kita juga ingin tahu lebih dalam mengenai bagaimana proses kerjanya. Payment gateway artinya adalah sebuah sistem yang mengelola proses pembayaran dalam transaksi online, mulai dari saat konsumen memilih produk hingga pembayaran yang berhasil. Berikut adalah langkah-langkah detail tentang cara kerja payment gateway:

  • Konsumen Melakukan Transaksi

Proses dimulai ketika konsumen mengunjungi situs web dan memilih produk yang ingin dibeli. Setelah memilih, mereka akan menuju ke halaman pembayaran di mana opsi pembayaran disediakan, termasuk opsi untuk menggunakan payment gateway. Konsumen kemudian memilih metode pembayaran yang diinginkan, seperti kartu kredit atau debit, yang terhubung dengan payment gateway.

  • Pengiriman Informasi Pembayaran

Setelah konsumen memasukkan rincian pesanan dan informasi kartu pembayaran, data tersebut dikirim ke payment gateway. Payment gateway menggunakan enkripsi untuk memastikan keamanan informasi kartu, sehingga hanya pihak yang berwenang, seperti konsumen dan bank mereka, yang dapat mengakses informasi tersebut.

  • Verifikasi Oleh Penyedia Kartu

Payment gateway kemudian meneruskan informasi pembayaran ke penyedia kartu (misalnya Visa atau Mastercard) untuk diverifikasi. Penyedia kartu melakukan verifikasi terhadap informasi kartu yang diberikan oleh konsumen, memeriksa apakah ada cukup dana di akun konsumen untuk melakukan pembayaran, dan juga melakukan pemeriksaan terhadap potensi aktivitas penipuan dengan menggunakan alat anti-penipuan yang ada.

  • Memproses Transaksi

Jika verifikasi berhasil, payment gateway akan mengirimkan permintaan pembayaran ke bank penerbit kartu kredit atau debit yang digunakan oleh konsumen. Bank penerbit kemudian mengesahkan pembayaran dan mentransfer dana ke rekening bank pedagang.

  • Pemberitahuan Transaksi Berhasil

Setelah transaksi berhasil diproses, payment gateway memberikan pemberitahuan kepada pedagang atau penjual mengenai status transaksi tersebut. Pedagang kemudian dapat mengirimkan konfirmasi pesanan kepada konsumen dan mengirimkan produk yang dibeli.

Sebagian besar pembayaran diproses secara real time, sehingga konsumen biasanya akan langsung mendapatkan konfirmasi pembayaran setelah menyelesaikan transaksi. Namun, dalam beberapa kasus, terutama jika terjadi masalah dalam pemrosesan transaksi, proses ini dapat memakan waktu hingga beberapa hari atau bahkan minggu.

Itulah gambaran umum tentang bagaimana payment gateway bekerja dalam memfasilitasi proses pembayaran dalam transaksi online. Dengan menggunakan sistem ini, pembayaran menjadi lebih aman, efisien, dan dapat dipercaya bagi semua pihak yang terlibat dalam transaksi tersebut.

 

Manfaat Payment Gateway Bagi Masyarakat

Di era digital yang semakin berkembang pesat, payment gateway telah menjadi salah satu inovasi yang memberikan dampak signifikan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Berikut ini adalah beberapa manfaat utama yang ditawarkan oleh penggunaan payment gateway bagi masyarakat:

  • Mempermudah Proses Transaksi Online

Salah satu manfaat utama dari penggunaan payment gateway adalah mempermudah proses transaksi secara online. Dengan adanya payment gateway artinya, konsumen tidak lagi perlu melakukan transaksi secara langsung dengan bank lokal atau bertemu langsung dengan penjual. Mereka dapat dengan mudah melakukan pembayaran secara online melalui situs web atau aplikasi mobile tanpa harus meninggalkan rumah.

Hal ini membantu meningkatkan efisiensi dalam berbelanja, karena konsumen tidak perlu lagi menghabiskan waktu dan tenaga untuk pergi ke bank atau bertemu dengan penjual secara langsung. Mereka dapat dengan cepat dan mudah melakukan pembayaran dari mana saja dan kapan saja sesuai dengan kenyamanan mereka.

  • Opsi Pembayaran yang Lebih Banyak

Dengan adanya payment gateway, konsumen juga memiliki lebih banyak opsi pembayaran yang tersedia. Payment gateway menyediakan berbagai macam metode pembayaran, mulai dari kartu kredit dan debit hingga pembayaran digital seperti e-wallet dan transfer bank online. Hal ini memberikan fleksibilitas kepada konsumen untuk memilih metode pembayaran yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Dengan beragamnya opsi pembayaran yang tersedia, konsumen tidak lagi terbatas pada satu jenis metode pembayaran saja. Mereka dapat memilih metode pembayaran yang paling nyaman bagi mereka, sehingga meningkatkan kemungkinan konversi transaksi di toko online atau platform e-commerce.

  • Proses Transaksi Lebih Cepat dan Efisien

Payment gateway artinya juga membantu mempercepat proses transaksi secara keseluruhan. Dengan terintegrasinya payment gateway dengan asosiasi penerbit kartu dan bank, proses transaksi dapat dilakukan dengan cepat dan efisien. Informasi pembayaran yang dikirim oleh konsumen akan langsung diverifikasi dan diproses oleh payment gateway, sehingga mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan transaksi.

Hal ini sangat menguntungkan bagi konsumen yang menginginkan pengalaman berbelanja yang cepat dan efisien. Mereka tidak perlu menunggu terlalu lama untuk pembayaran mereka diproses, sehingga dapat segera menikmati produk atau layanan yang mereka beli.

 

  • Keamanan Transaksi Lebih Terjamin

Salah satu hal yang paling penting bagi konsumen dalam melakukan transaksi online adalah keamanan. Payment gateway menawarkan lapisan keamanan yang komprehensif untuk melindungi data transaksi konsumen. Teknologi enkripsi yang digunakan oleh payment gateway memastikan bahwa informasi sensitif seperti nomor kartu kredit atau debit tidak dapat diakses oleh pihak yang tidak berwenang.

Selain itu, payment gateway juga menggunakan berbagai fitur keamanan tambahan seperti autentikasi pengguna dan deteksi penipuan untuk mencegah aktivitas penipuan dan kejahatan cyber lainnya. Hal ini memberikan jaminan kepada konsumen bahwa transaksi mereka aman dan terlindungi dari potensi ancaman keamanan online.

  • Tidak Ada Batasan Dalam Transaksi

Salah satu keuntungan lain dari menggunakan payment gateway adalah tidak adanya batasan atau limit transaksi. Konsumen tidak dikenakan batasan limit transaksi saat menggunakan payment gateway, sehingga mereka dapat melakukan pembayaran sepuasnya tanpa khawatir tentang pembatasan.

Hal ini sangat menguntungkan bagi konsumen yang ingin melakukan pembelian dengan jumlah besar atau melakukan transaksi yang melibatkan jumlah uang yang besar. Mereka tidak perlu khawatir tentang adanya batasan transaksi yang dapat menghambat pembayaran mereka.

  • Pertukaran Kurs yang Lebih Mudah

Dengan menggunakan payment gateway, konsumen juga dapat dengan mudah melakukan pertukaran kurs mata uang secara online. Payment gateway menyediakan layanan konversi mata uang yang cepat dan mudah, sehingga konsumen tidak perlu lagi mengunjungi bank atau money changer untuk menukar mata uang.

Hal ini sangat menguntungkan bagi konsumen yang sering melakukan transaksi internasional atau berbelanja di situs web luar negeri. Mereka dapat dengan cepat dan mudah menukar mata uang dan melakukan pembayaran dalam mata uang yang mereka pilih tanpa harus repot mengurus pertukaran kurs secara manual.

 

Manfaat Payment Gateway Untuk Pebisnis

Manfaat dari penggunaan payment gateway tidak hanya dirasakan oleh konsumen, tetapi juga oleh pemilik usaha atau penjual. Berikut adalah beberapa manfaat utama yang dapat diperoleh oleh pemilik bisnis:

  • Pemeriksaan Transaksi Pembayaran Lebih Mudah

Pemilik usaha akan merasakan kemudahan dalam memeriksa transaksi pembayaran dengan cepat dan efisien. Melalui dashboard yang disediakan oleh payment gateway, pemilik bisnis dapat dengan mudah melacak dan mengelola semua transaksi yang terjadi di toko online mereka. Hal ini membantu meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan keuangan dan pemantauan penjualan.

  • Perlindungan Data Kartu Kredit

Salah satu keuntungan utama dari menggunakan payment gateway adalah perlindungan terhadap data kartu kredit pelanggan. Dengan teknologi enkripsi yang digunakan oleh payment gateway, data kartu kredit pelanggan akan dilindungi dengan baik, sehingga menghindari risiko kebocoran data dan penyalahgunaan informasi kartu kredit.

  • Tidak Perlu Memiliki Banyak Rekening Bank

Dengan adanya payment gateway, pemilik usaha tidak perlu lagi menyediakan banyak rekening bank untuk menerima pembayaran dari pelanggan. Payment gateway akan menerima dan menyalurkan dana dari berbagai rekening bank, sehingga memudahkan pemilik usaha dalam pengelolaan dan penyaluran dana.

  • Sistem yang Terintegrasi dan Ramah Pengguna┬á

Payment gateway menyediakan sistem yang ramah pengguna dan terintegrasi dengan baik dengan platform toko online. Dengan adanya dashboard yang intuitif, pemilik usaha dapat dengan mudah mengakses dan mengelola berbagai fitur dan laporan penjualan. Hal ini membantu meningkatkan efisiensi dalam rekonsiliasi penjualan dan manajemen keuangan secara keseluruhan.

  • Mencegah Kecurangan dalam Pembayaran

Deteksi kecurangan yang disediakan oleh payment gateway membantu mencegah tindakan curang dalam transaksi pembayaran. Dengan adanya sistem keamanan yang canggih, pemilik usaha dapat lebih tenang karena transaksi pembayaran dijamin aman dan terlindungi dari potensi aktivitas penipuan.

Payment gateway artinya sebagai salah satu teknologi yang vital dalam transaksi online, tidak hanya meningkatkan efisiensi tetapi juga meningkatkan tingkat keamanan dalam proses transaksi. Dengan adanya payment gateway, konsumen dapat melakukan pembayaran secara elektronik dengan lebih mudah dan cepat, sementara pemilik bisnis memiliki jaminan bahwa data transaksi pelanggan terlindungi dengan baik dari ancaman kejahatan cyber.

Para pemilik bisnis dapat memanfaatkan sistem pembayaran dengan Virtual Account Docotel yang telah bekerja sama dengan banyak bank, sehingga memudahkan dalam bertransaksi menggunakan sistem payment gateway. Dengan begitu, pengalaman bertransaksi menjadi lebih efisien dan bisa membuka peluang yang lebih besar untuk pertumbuhan bisnis yang sedang dijalani.

teresaiswara

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement