Docotel Official Blog
Menginstal Dua Antivirus Dalam Satu Perangkat, Efektifkah? 1

Menginstal Dua Antivirus Dalam Satu Perangkat, Efektifkah?

Serangan virus menjadi ketakutan tersendiri bagi para pengguna laptop dan PC. Apalagi dengan perkembangan virus yang baru-baru ini menyebar membuat pengguna menjadi takut dan ekstra hati-hati. Cara untuk menyiasati serangan virus adalah dengan menggunakan antivirus pada perangkat yang digunakan. Namun karena ketakutan itu, banyak pengguna yang menganggap bahwa semakin banyak antivirus yang dipakai akan semakin meningkatkan keamanan untuk perangkat tersebut. Namun ternyata anggapan itu salah, dan menginstal lebih dari satu antivirus sangat tidak disarankan.

Loh, kenapa?

Pertama, penggunaan antivirus lebih dari satu akan membuat kinerja perangkat Anda menjadi menurun. Hal ini disebabkan karena antivirus akan terus berjalan secara real time untuk memastikan tidak ada virus yang masuk ke perangkat Anda kapanpun. Dan jika kedua antivirus tersebut berjalan bersamaan tentunya akan memakan memori perangkat yang lebih banyak, dan memperlambat kinerja perangkat. Apalagi jika kedua antivirus medeteksi datangnya virus secara bersamaan, maka akan semakin banyak memori yang digunakan.

Kedua, setiap antivirus mempunyai cara kerja, spesifikasi dan kemampuan yang berbeda-beda. Bukan tidak mungkin aktivitas dari satu antivirus seperti scanning, berjalan pada background, dan aktivitas pertukaran data akan dianggap sebagai aktivitas mencurigakan atau bahkan virus oleh antivirus lain. Hal ini dapat membuat kinerja perangkat Anda menjadi crash bahkan sampai menghentikan proses kerja perangkat Anda.

Ketiga, ada beberapa antivirus yang akan saling berebut akses kontrol jika dijalankan bersamaan. Masing-masing antivirus akan mencoba mengambil alih sederet proses, mulai dari koneksi internet, file, memblokir spam yang masuk, dan proses lainnya. Hal ini juga dapat mengakibatkan kinerja komputer Anda semakin lambat dan crash.

Terus harus bagaimana?

Jadi solusi terbaik adalah dengan cukup pilih dan gunakan satu saja antivirus yang Anda percaya. Dengan selalu meng-update antivirus secara berkala akan membantu anda dalam meningkatkan pengamanan untuk perangkat anda. jadi tidak perlu repot-repot gunakan dua atau lebih software antivirus dalam satu prangkat. Namun jika anda masih ingin menggunakan dua atau lebih antivirus, carilah antivirus yang  cocok untuk dikombinasikan penggunaannya.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement