Docotel Official Blog
Keunggulan Teknologi Biometrik, Si Pengaman Yang Canggih 1

Keunggulan Teknologi Biometrik, Si Pengaman Yang Canggih

Belakangan ini, teknologi Biometrik sudah mulai diterapkan pada gadget keluaran terbaru. Biometrik adalah suatu teknologi yang memanfaatkan tubuh manusia untuk mendapatkan akses ke dalam suatu perangkat. Teknologi ini bertujuan untuk memperkuat sistem keamanan suatu gadget, karena dengan menggunakan pemindaian pada suatu bagian tubuh manusia keamanan gadget akan sulit dibobol.

Ada dua kategori dalam metode yang digunakan untuk otontikasi Biometrik, yaitu fisiologis dan perilaku atau yang sering disebut behaviometric. Biometrik fisiologis meliputi sidik jari, retina mata, dan scan wajah. Sedangkan Biometrik perilaku meliputi tanda tangan, pengenal suara dan analisis tulisan tangan.

Nah, apa sih keuntungan menggunakan Biometrik pada gadget? Di bawah ini Docotel akan membahas sedikit untuk Anda.

  1. Memudahkan penggunanya

Teknologi Biometrik yang terpasang di gadget akan lebih memudahkan penggunanya untuk mengakses gadget tersebut. Dengan hanya menempelkan jari ke pemindai, maka gadget tersebut akan langsung terbuka tanpa harus membuka melalui password. Lagipula,sekarang mungkin hampir seluruh perusahaan gadget sudah menyediakan teknologi Biometrik pada produk-produknya, terutama smartphone.

  1. Identifikasi yang akurat

Dengan menggunakan Biometrik, proses identifikasi akan semakin akurat. Dalam proses identifikasi, biomertrik akan membandingkan antara (misalnya) sidik jari seseorang yang akan masuk ke suatu gadget dengan rekaman sidik jari yang sudah tersimpan pada gadget tersebut. Karena Biometrik menggunakan bagian tubuh manusia seperti sidik jari yang pasti berbeda pada setiap orang dan tidak dapat dipalsukan. Cara ini sudah banyak diterapkan pada proses pembuatan E-KTP, SIM, dan Paspor.

  1. Hampir tidak bisa dipalsukan

Seperti yang sudah dikatakan diatas, Biometrik menggunakan bagian tubuh manusia untuk dapat mengakses suatu gadget. Karena karakteristik tubuh manusia yang berbeda setiap orang, tentunya membuat tingkat keamanan dengan menggunakan Biometrik semakin tinggi dan lebih sulit dibobol. Karena rasanya tidak akan mungkin bisa memalsukan sidik jari atau retina mata seseorang.

Itulah tadi beberapa keuntungan dari menggunakan tekologi Biometrik pada gadget Anda. Selain memudahkan, teknologi yang satu ini juga meningkatkan sistem keamanan pada gadget Anda.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed