Docotel Official Blog
Memudahkan pencarian di Google Search dengan tips-tips ini 1

Memudahkan pencarian di Google Search dengan tips-tips ini

Tidak bisa dipungkiri, mesin pencari Google kini telah menjadi alat yang paling diandalkan oleh banyak orang. Google Search digunakan untuk menjawab berbagai pertanyaan, mencari informasi, hingga menjadi “partner” para pekerja dan mahasiswa dalam membantu pekerjaannya.  Sepertinya semua hal dapat ditemukan melalui Google Search, namun tahukah Anda bagaimana cara memaksimalkan pencarian yang disediakan oleh Google?

Berikut ini 5 tips yang dapat membantu Anda dalam memaksimalkan pencarian di Google Search:

  1. Gunakan tanda kutip (“) saat melakukan pencarian

Menggunakan tanda kutip (“) saat mencari sesuatu di gooogle search akan membantu menampilkan hasil yang lebih terarah dan spesifik. Misalnya, saat Anda akan mancari Cara Menghilangkan Stres Saat Bekerja pada google search tanpa tanda kutip, hasil yang ditampilkan akan seperti ini:

Memudahkan pencarian di Google Search dengan tips-tips ini 2

Sedangkan, jika Anda menambahkan tanda kutip menjadi Cara Menghilangkan Stres Saat Bekerja” Maka hasil yang  ditampilkan akan semakin spesifik dan terarah seperti ini:

Memudahkan pencarian di Google Search dengan tips-tips ini 3
  1. Mencari pada situs tertentu.

Jika Anda ingin mencari topik, artikel atau suatu konten tertentu dari sebuah web, Anda dapat memanfaatkan tanda titik dua (:). Cukup ketik :

(topik yang Anda cari) site:(situs yang Anda maksud).

 Misalnya jika Anda ingin mencari konten yang berhubungan dengan Bill Gates pada situs blog.docotel.com Anda dapat menuliskan seperti ini, Bill Gates site:blog.docotel.com. Maka hasil yang ditampilkan akan langsung tertuju pada situs blog.docotel.com, seperti ini:

Memudahkan pencarian di Google Search dengan tips-tips ini 4
  1. Menemukan dokumen/berkas dengan format tertentu.

Apakah Anda ingin mencari berkas, dokumen atau file dengan format tertentu? Anda akan merasa terbantu dengan cara yang satu ini. Cukup ketik :

(nama berkas) filetype:(format),

Misalnya Anda ingin mencari topik Perkembangan Internet dengan format PDF, Anda dapat menuliskan Perkembangan Internet filetype:pdf. Maka hasil yang ditampilkan akan tertuju pada file/berkas yang memiliki format PDF seperti ini.

Memudahkan pencarian di Google Search dengan tips-tips ini 5
  1. Menggunakan tanda bintang (*) ketika lupa suatu kata

Nah, ketika Anda akan mencari suatu kata, kalimat, atau lirik lagu yang kelupaan, Anda dapat menggunakan tanda bintang (*) sebagai pengganti kata tersebut. Misalnya seperti ini:

Memudahkan pencarian di Google Search dengan tips-tips ini 6

Dengan menggunakan tanda bintang (*), google akan mendeteksi kata yang hilang dengan kata yang sering digunakan, oleh karena itu cara ini juga dapat digunakan bukan dalam mencari lirik lagu saja, namun kata-kata lainnya seperti peribahasa dan lain-lainnya.

  1. Mencari situs serupa? Begini caranya

Untuk Anda yang senang dengan sebuah situs dan ingin mencari banyak situs serupa, google memiliki fitur yang dapat membantu Anda mencari beragam situs serupa. Cukup ketik:

related:(situs pilihan Anda)

Dengan cara tersebut, google akan menampilkan hasil dengan beragam situs yang serupa dengan situs pilihanmu. Seperti ini:

Memudahkan pencarian di Google Search dengan tips-tips ini 7

Itulah tadi 5 tips yang dapat membantu Anda dalam memaksimalkan pencarian di Google Search. Semoga bermanfaat ya!

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed