Docotel Official Blog

Laptop Pertama di Dunia, Bagaimana Sejarahnya?

Laptop merupakan komputer portable yang bisa kita bawa ke mana saja dan bisa digunakan di mana saja. Keberadaan laptop sendiri memang sudah tidak asing lagi, tidak jarang khususnya pekerja memiliki lebih dari satu laptop. Lalu, siapa sosok yang mempermudah aktivitas bekerja kita melalui teknologi laptop ini? Bagaimana awal tercetusnya ide pembuatan laptop ini?

Sosok yang memiliki peran penting dalam penemuan laptop adalah Alan Kay, ialah yang menemukan gagasan pembuatan laptop untuk pertama kalinya. Alan Kay memiliki mimpi untuk membuat komputer bisa menjadi sebesar buku, sehingga orang bisa dengan mudah membawanya ke mana saja dengan mudah. Namun, dalam sejarahnya, yang menjadi penemu laptop bukanlah Alan Kay, melainkan Adam Osborne. Adam Osborne merupakan salah satu tokoh penting dalam dunia teknologi melalui kontribusinya dalam penemuan laptop atau komputer jinjing.

Pada dasarnya Adam Osborne terinspirasi oleh Alan Key, ketika Alan Key mencetuskan ide komputer jinjing, Osborne menyambutnya dengan sangat baik. Komputer jinjing yang diciptakannya pertama disebut Osborne I. Saat pembuatan komputer jinjing ini belum ada istilah laptop ataupun notebook, mereka hanya menyebut konsepnya sebagai komputer yang bisa dibawa kemanapun. Proyek Osborne I dirilis pada April 1981. Komputer ini diterbitkan oleh Osborne Computer Corporation, perusahaan yang memang didirkan oleh Adam Osborne.

Laptop Pertama di Dunia, Bagaimana Sejarahnya? 1
Sumber: www.simplyeighties.com

Laptop pertama di dunia ini memiliki berat 10kg dengan ukuran layar sebesar 5 inch. Berikut spesifikasinya:

  • CPU: IBM proprietary, 1,9 MHz
  • RAM: 16K, 64K max
  • Display: 5″ monochrome monitor 64 X 16 text
  • Storage: Internal 200K tape (DC300)
  • Ports: tape / printer I/O port
  • OS: APL and/or BASIC
Laptop Pertama di Dunia, Bagaimana Sejarahnya? 2

Sumber: www.plimbi.com

Komputer jinjing atau laptop pertama dibuat dengan desain yang sangat sederhana, bebeda sekali dengan laptop yang ada saat ini. Jangan bayangkan laptop dulu menggunakan layar sentuh atau layar dengan operasional system Windows. Laptop pertama yang dibuat oleh Adam Osborne ini sekalipun sangat sederhana namun harganya cukup fantastis. Saat itu harga komputer ini adalah Rp 16 juta. Tentu saja nilai Rp 16 juta saat itu merupakan nilai yang cukup tinggi. Karena harganya yang mahal tentu tidak semua orang membeli perangkat ini.

Komputer jinjing atau laptop pertama dibuat dengan desain yang sangat sederhana, bebeda sekali dengan laptop sekarang. Hingga saat ini, laptop atau komputer jinjing terus menerus mengalami perkembangan baik dari segi bentuk, perangkat keras maupun perangkat lunak yang ada didalamnya. Perkembangan teknologi komputer telah banyak membawa perubahan pada laptop ini. Desain yang semakin ramping, bobot yang semakin ringan dan kemampuan menghemat daya menjadi bagian terpenting dalam perkembangan laptop berikutnya.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed