Docotel Official Blog
Deep Web, Sisi Lain Dari Dunia Internet 1

Deep Web, Sisi Lain Dari Dunia Internet

Saat ini, internet bukan lagi hal asing bagi hampir seluruh masyarakat dunia. Sebagian besar penduduk dunia kini sudah menggunakan internet untuk membantu kehidupan sehari-hari mereka. Namun, tahukah anda? Bahwa ada sisi lain dunia internet yang sangat jarang orang ketahui yaitu Deep Web.

Deep web merupakan suatu bagian dari internet yang tidak dapat terdeteksi oleh mesin pencari standar seperti Google, Yahooo, Bing, dan sebagainya. Jika diibaratkan dengan lautan, dunia internet yang selama ini anda jelajahi hanya bagian atas dari lautan tersebut, anda perlu menyelam sangat dalam untuk bisa masuk kedalam Deep Web. Deep Web yang juga dikenal dengan nama DeepNet, DarkNet, Invisible Web atau  Hidden Web pertama kali diperkenalkan oleh Mike Bergman, pendiri BrightPlanet. Diperkirakan, konten yang berada di Deep Web mencapai 96% dari total keseluruhan konten yang berada di internet, jadi konten yang selama bisa anda lihat di internet hanyalah 4% saja. Berdasarkan kajian Universitas California pada tahun 2001, banyaknya konten yang terdapat pada Deep Web sebesar 7,9 zettabytes, sedangkan pada tahun 2004 diperkirakan kurang lebih 300,000 situs yang tergolong Deep Web.

Deep Web, Sisi Lain Dari Dunia Internet 2
Sumber: www.flinders.libguides.com/

Konten yang ada pada Deep Web pun beragam, sebagian konten yang terdapat di Deep Web berisi tentang rahasia serta database dari hasil penelitian atau riset yang dilakukan oleh lembaga akademis, lembaga pemerintahan serta situs-situs pribadi. Ini menjadi salah satu alasan mengapa Deep Web disebut “the hidden web” dan bukan untuk menjadi konsumsi umum. Alasan itu semakin diperkuat oleh kenyataan bahwa sebagian konten lainnya (diluar konten penelitian) terdiri dari konten –konten yang “tidak biasa” mulai dari perdagangan narkoba, jual beli senjata ilegal, jasa pembunuh bayaran, identitas asli para hacker internasional, pornografi, aksi pedophilia, penyiksaan yang disiarkan secara live, hingga eksperimen ilegal pada manusia yang disajikan tanpa filter dan juga sensor. DeepWeb memiliki mata uang sendiri untuk alat transaksi bernama Bitcoin, Bitcoin dikatakan tidak dapat dilacak oleh siapapun dan tidak berpengaruh terhadap kondisi perekonomian global.

Deep Web, Sisi Lain Dari Dunia Internet 3
Sumber: www.makintau.com/

Untuk masuk kedalam Deep Web pun tidak mudah dan cenderung berbahaya. Tidak mudah karena ada beberapa tahapan yang harus dilewati, serta harus memakai browser tertentu agar ketika anda berada di Deep Web identitas anda akan dilindungi. Cenderung berbahaya karena Deep Web juga menjadi tempat pembuatan virus-virus komputer serta banyak software yang dapat mencuri data anda tanpa anda ketahui. Disarankan untuk tidak mengunduh apapun dan memasukan informasi apapun kedalam Deep Web. Inilah sekilas penjelasan dari Deep Web, internet juga memiliki dunia gelapnya tersendiri, oleh karena itu selalu hati-hati dan bijak dalam menggunakan internet.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed