Docotel Official Blog
Istilah-Istilah Yang Hanya Ada Di Kantor Google 1

Istilah-Istilah Yang Hanya Ada Di Kantor Google

Setiap perusahaan pasti memiliki istilah yang digunakan untuk menggambaran sesuatu yang berhubungan dengan perusahaan tersebut dan hanya diketahui oleh karyawan itu sendiri. Begitu juga dengan Google.

Siapa sih yang nggak kenal Google? Perusahaan multinasional asal Amerika yang mengkhususkan dirinya pada jasa dan produk Internet ini pasti sudah menjadi makanan sehari-hari para pengguna internet. Dengan menggunakan Google, kamu dapat mengetahui segala macam informasi dari segala bidang.

Di dalam lingkungan kantor Google, banyak istilah-istilah yang digunakan oleh karyawan Google untuk menyebutkan sesuatu, loh. Mau tau apa saja? Intip di bawah ini yuk.

  1. Plex

GoogleplexGoogleplex

Kata “Plex” berasal dari “Googleplex” yang digunakan untuk menyebut markas atau kantor pusat Google yang berada d iMountain View, California, Amerika Serikat. Namun, karena Googleplex terlalu panjang, akhirnya karyawan Google menyebutnya hanya dengan Plex saja.

  1. Noogler

Ilustrasi NooglerIlustrasi Noogler

Jika karyawan biasa di Google disebut dengan sebutan Googlers, maka karyawan yang baru masuk dan berkerja di Google mendapat julukan Noogler yang berarti New Googlers. Biasanya, para Nooglers ditandai dengan topi berwarna-warni yang menandakan bahwa mereka adalah karyawan baru.

  1. TGIF

Ilustrasi TGIFIlustrasi TGIF

Istilah TGIF pasti sudah sering kamu dengar, namun di Google istilah ini bukanlah Thank God Is Friday melainkan nama meeting yang diadakan setiap hari kamis.

Pertemuan ini sudah ada sejak Google berdiri loh. Perkembangan Google membuat pertemuan ini kini diadakan diseluruh kantor Google di dunia dan diikuti oleh seluruh karyawan Google termasuk Noogler.

  1. GooglegeistIlustrasi GooglegeistIlustrasi Googlegeist

Googlegeist mungkin terdengar mirip dengan Poltergeist, namun kata ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan dunia supranatural atau hantu, loh. Googlegeist merupakan acara survei tahunan yang diikuti oleh seluruh karyawan Google untuk menilai atasan mereka. Di Google, hampir 90% karyawan mereka akan berkontribusi mengisi survei ini setiap tahunnya.

  1. Greyglers

Vint Cerf, Chief Internet Evangelist Google yang masuk dalam salah satu GreyglesVint Cerf, Chief Internet Evangelist Google yang masuk dalam salah satu Greygles

Google memiliki sebutan untuk karyawannya yang berusia diatas 40 tahun, yaitu disebut Greyglers.

Kata ini diambil dari warna rambut yang identik dengan orang berusia lanjut, yaitu grey (abu-abu).

  1. Xoogler

Tampilan website XooglerTampilan website Xoogler

Xoogler (dibaca Zoogler) merupakan istilah untuk menyebut menyebut mantan karayawan Google. Xoogler sendiri merupakan singkatan dari eks-Google. Ternyata, para Xoogle memiliki website sendiri loh, bisa kamu cek di Xoogler.co ya!

  1. Dooglers

Ilustrasi DooglerIlustrasi Doogler

Google mengizinkan karyawannya untuk membawa hewan peliharaannya ke area kantor, ternyata hewan yang paling banyak dibawa ke lingkungan kantor adalah anjing. Oleh karena itu para pemilik hewan peliharaan beserta anjingnya disebut Dooglers.

  1. Brewgler

Ilustrasi BirIlustrasi Bir

Brewgler adalah sebutan untuk kelompok yang terdiri dari para karyawan yang suka minum bir. Biasanya mereka akan hangout bersama-sama dan saling memberi rekomendasi kedai bir yang recommended.

  1. 20 percent time

Ilustasi Kantor GoogleIlustasi Kantor Google

Google mengizinkan para engineernya untuk menghabiskan 20 menit dari waktu kerja merekauntuk mengerjakan proyek lain selain pekerjaannya. Pada waktu tersebut,karyawan Google yang bermimpi untuk dapat menciptakan produk-produk inovatifdipersilahkan untuk membuat produk mereka. Gmail, Google News dan AdSensemerupakan sebagian dari hasil 20 percent time.

  1. PerfIlustrasi Kantor GoogleIlustrasi Kantor Google

Perf dalam Google merupakan istilah hasil penilaian performa karyawan selama satu tahun belakangan. Perf akan menentukan apakah seorang Googler berhasil atau tidak mencapai target selama satu tahun.

  1. DogfoodIlustrasi DogfoodIlustrasi Dogfood

Dogfood di Google bukanlah makanan untuk anjing ya, namun merupakan sebutan untuk versi software yang masih dalam tahap pengujian normal. Istilah ini berasal dari sebutan cerita sales mencoba makanan anjing yang dijual untuk medemostrasikan kualitas makanan tersebut.

Itulah tadi beberapa istilah-istilah yang digunakan oleh para karyawan Google di dalam lingkungan kantor Google.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement