Docotel Official Blog
Heuristic Usability pada User Interface (Part 2) 1

Heuristic Usability pada User Interface (Part 2)

Masih ingat dengan pembahasan tentang Heuristic Usability? Yes, ini adalah metode yang digunakan untuk menganalisa suatu objek agar memberikan kemudahan penggunaan untuk dapat mencapai suatu tujuan. Biasanya Heuristic Usability diterapkan pada pembuatan sistem aplikasi ataupun website.

Nah, jika pada artikel sebelumnya Docotel manjelaskan 5 prinsip dalam Heuristic Usability, maka artikel kali ini akan melanjutkan penjelasan tentang prinsip ke 6 hingga 10 dalam Heusristic Usability. Apa saja? Yuk, dibaca!

  1. Mudah dipahami

Saat membuat sistem, jangan mengharapkan user untuk dapat mengingat seluruh alur dari sistem Anda. Buatlah sistem yang mudah dikenali dan dipelajari oleh user agar tidak membuat bingung saat user menjelajahi keseluruhan sistem Anda.

  1. Fleksibel dan Efisien

Sistem yang fleksibel dan efisien bukan hanya bermanfaat serta memudahkan pengguna baru, tapi juga pengguna lama yang sudah hafal bagaimana cara sistem Anda bekerja. Sistem  yang fleksibel dan efisien juga menjadi salah satu penggambaran dari baiknya pengalaman pengguna yang Anda berikan.

  1. Desain layout

Desain layout tidak harus selalu memiliki banyak elemen dan berwarna-warni, karena tidak semua desain yang memiliki banyak elemen akan nyaman dilihat. Oleh karena itu, pemilihan warna dan penempatan posisi yang tepat harus Anda perhatikan baik-baik. Misalnya, memadukan desain minimalis dan white space (ruang kosong) akan menciptakan desain yang elegan.

  1. Penanganan error

Saat terjadi error, menggunakan desain yang bagus memang akan membuat user paham tentang apa yang terjadi pada sistem saat itu. Namun, di sisi lain user pasti akan kebingungan tentang apa yang harus ia lakukan untuk menangani hal tersebut. Nah, selain desain, sistem yang baik juga akan memberikan solusi untuk menangani error sehingga user tidak kebingungan saat error terjadi.

  1. Pusat bantuan

Saat user menggunakan sistem aplikasi, pasti mereka mengharapkan sistem aplikasi tersebut dapat membantu menyelesaikan masalah dan pekerjaannya.  Tak jarang user melakukan beberapa kesalahan kecil yang membutuhkan penanganan cepat. Oleh karena itu, fitur bantuan diperlukan untuk membantu user menangani masalah-masalah kecil tersebut.

Itu tadi penjelasan tentang prinsip Heuristic Usability yang harus Anda ketahui.  Semoga bermanfaat, ya!

armitatyas

armitatyas

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed