Docotel Official Blog
Cyber Space di Kabupaten Mappi 1

Cyber Space di Kabupaten Mappi

Ini adalah lokasi di mana saat ini masyarakat Kabupaten Mappi mendapatkan fasilitas internet gratis. Keluar dari gedung ini jangan harap bisa berselancar ria di dunia maya. Kita cuma bisa telepon dan mungkin SMS, di mana SMS kamu bisa sampai ke yang di tuju 2 hari kemudian.

Di mana sebagian besar rakyat Indonesia sudah bisa menikmati dan memanfaatkan internet secara bebas, ternyata ada saudara-saudara kita yang harus bersusah payah datang berkilometer untuk mendapatkan fasilitas itu.

Antusias mereka dalam memanfaatkan fasilitas gratis ini mengharukan saya. Membuka mata saya bahwa banyak saudara-saudara setanah air saya masih dalam kondisi sulit menuju dunia digital yang buat saya sekarang ini tidak terpisahkan dari tiap detik hidup saya (bahkan saat mau tidur, smartphone saya letakkan di samping tempat tidur, agar mudah saya ambil disaat bangun di pagi hari).

Dan kalian masih ngomel-ngomel internet kalian lelet?? Well, cobalah hidup di Mappi beberapa Minggu. Kamu akan merasakan bahagianya dapat jaringan 4G di detik kamu turun dari tangga pesawat di Merauke atau Timika.

Semoga tahun depan Mappi bisa bebas sinyal. Semoga kebebasan itu membuat mereka lebih produktif dan kreatif demi masa depan yang lebih baik.

Oh ya, hidup 3 hari di Kepi membuat saya merasakan betapa indahnya negeri ini. Bersihnya udara tanpa polusi, bersihnya langit, sehingga tampak bintang-bintang dan bulan yang tampak jelas saya lihat. Dan merasakan sedikit hembusan udara dingin dari musim dingin di Australia. Iya, saya bisa merasakan semua itu, karena akhirnya HP selalu ada di tas saya karena gak dapat sinyal.. ??

#liveinkepipapua #kepimappipapua#kemarindulupunyacerita #mappibebassinyal

@Kepi, Papua, Indonesia.

Author: Pinie Panggar Agustie (Facebook)

Cyber Space di Kabupaten Mappi 2

Cyber Space di Kabupaten Mappi 3

armitatyas

armitatyas

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed