Docotel Official Blog
Ciri-ciri Website yang User Friendly 1

Ciri-ciri Website yang User Friendly

Salah satu permintaan yang biasanya diajukan oleh orang yang ingin membuat sebuah website kepada web designer atau web developer adalah ingin membuat websitenya menjadi user friendly. Permintaan untuk pembuatan website yang user friendly sangatlah wajar, karena si pemilik website pasti ingin media onlinenya lebih bagus dan bisa memudahkan pengunjung dalam menemukan informasi yang dibutuhkan. Sehingga pengunjung atau userpun suka berada di website tersebut.

Website user friendly merupakan website di mana kita menggunakan atau mengakses website dengan mudah dan nyaman. Tujuannya hanya satu, yaitu mempermudah kita dalam mencari sesuatu atau informasi yang penting dan menampilkan hasil yang sesuai dengan keinginan kita.

Untuk membuat sebuah website yang user friendly gampang-gampang sulit, karena ada beberapa faktor yang harus dipenuhi. Nah, bagaimana mencari tau suatu website sudah user friendly atau belum? Begini ciri-cirinya:

  1. Bisa dijalankan disemua perangkat

Saat ini, pengunjung mengakses sebuah website menggunakan bermacam-macam perangkat dan tentu saja dengan berbagai ukuran layar. Ada yang mengakses dengan komputer desktop, komputer tablet maupun smartphone, bahkan ada yang dari layar sekecil jam tangan seperti smartwatch.

Apabila website ingin disebut user friendly tentu saja faktor pertama ini harus dipenuhi, yaitu dengan membuat website yang bisa dibuka dengan maksimal pada berbagai jenis perangkat dan bermacam ukuran layar.

Munculnya teknologi web responsive tentu semakin memudahkan hal ini, dimana website yang responisve bisa secara otomatis menyesuaikan tampilannya dengan ukuran layarnya sehingga selalu terlihat maksimal, tidak berantakan dan tidak perlu di zoom ketika pengunjung ingin membaca.

  1. Waktu Loading yang Cepat

Website denga loading speed yang lama akan ditinggalkan oleh para pengunjung. Banyak pengunjung yang merasa sebal atau kesal ketika menunggu selesainya website loading. Oleh sebab itu faktor kecepatan ini tentu saja termasuk salah satu syarat website user friendly, semakin cepat loadingnya semakin banyak disenangi pengunjung.

  1. Konten berkualitas

Ketika seseorang mengakses sebuah website, tentu saja yang mereka cari adalah kontennya. Pengunjung tentu akan lebih suka jika konten yang disajikan menarik dan bermanfaat, apabila konten website tersebut dirasa kurang menarik tentu mereka akan mencari diwebsite lain. Jadi konten yang berkualitas termasuk salah satu faktor dalam membuat website yang user friendly.

  1. Teks mudah untuk dibaca

Kualitas desain tipografi sebuah situs adalah faktor lain dalam menentukan apakah sebuah website sudah user friendly atau belum. Jika tulisan di website sulit dibaca, baik itu karena perpaduan warna yang tidak tepat, jarak yang terlalu rapat, ukurannya yang sangat kecil, atau terlalu besar tentu akan membuat pengunjung mengalami kesulitan. Jangan sampai pengunjung meninggalkan website Anda hanya karena ukuran font yang sedikit agak kecil.

  1. Desain dan penempatan elemen

Desain layout yang bagus dengan penempatan elemen yang tepat tentu akan membuat suatu website semakin user friendly. Pembuat website harus tau dimana mereka harus menempatkan sebuah tombol agar sering diklik oleh pengujung, selain itu mereka juga harus paham dimana harus menaruh form pencarian agar pengunjung tidak bingung ketika ingin mencari informasi tertentu, selain itu harus bisa menempatkan menu navigasi agar pengunjung bisa menjelajah dengan mudah, membedakan warna teks biasa dan warna teks link juga penting untuk diperhatikan agar pengunjung tidak bingung.

  1. Identitas website

Sebaiknya sebuah website dilengkapi dengan logo dan nama yang jelas agar pengunjung tidak bingung mereka sedang mengunjungi website apa. Sebagai informasi tambahan pemilik website juga bisa memberikan informasi alamat kantor website tersebut, lengkap dengan nomor telepon dan email agar pengunjung bisa dengan mudah menghubungi jika ada sesuatu yang ingin mereka sampaikan baik itu ketika ingin menjalin kerjasama, ketika ingin melalukan komplain, atau sekedar ingin menyapa dan mengucapkan terima kasih kepada sang pemilik website.

Sebuah website yang serius dan baik biasanya dilengkapi dengan halaman about us, disclaimer, term of services (ToS), privacy & policy, contact us, dan halaman-halaman lain yang dirasa perlu untuk ditampilkan demi kemudahan pengunjung.

Seperti itulah kira-kira ciri dari website yang user friendly. Jadi, tunggu apalagi? cepat jadikan website anda menjadi lebih user friendly, seperti website kami, Docotel Teknologi yang bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengunjung website.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement