Docotel Official Blog
Cara Mengecek SLIK OJK: Membaca dan Memahami Laporan Debitur Lebih Efektif 5

Cara Mengecek SLIK OJK: Membaca dan Memahami Laporan Debitur Lebih Efektif

Sejak awal tahun 2018 BI Checking atau Sistem Informasi Debitur (SID) sudah berganti menjadi SLIK OJK (Sistem Layanan Informasi Keuangan oleh Otoritas Jasa Keuangan). SLIK OJK adalah sebuah sistem informasi debitur yang saat ini dibawah pengawasan dan dikelola langsung oleh instansi Otoritas Jasa Keuangan atau yang sering disebut dengan OJK.Berkaitan dengan hal ini, meski bukan tentang pemeriksaan dari SLIK OJK secara langsung, Docotel Teknologi dapat  melakukan penilaian risiko kredit terhadap calon peminjam dengan memanfaatkan produk perbankannya yang disebut Bank Facilitator.

Keypoin ekyc 1 1200 (1)

Docotel menggunakan teknologi canggih, termasuk algoritma dan model analisis kredit yang mumpuni untuk menilai keandalan dan kemampuan membayar kembali calon peminjam. Oleh karena itu, pembahasan kali ini akan fokus pada produk bank validator. Melayani verifikasi data pribadi pelanggan menjadi tujuan utama produk ini. Penerapannya untuk pelanggan baru yang melakukan screening di P2P lending, e-wallet, keuangan dan pengajuan pinjaman. Sistem milik Docotel Teknologi ini sudah memiliki prosedur evaluasi yang ketat. Hal ini memungkinkan kamu mengambil keputusan yang bijaksana saat memberikan pinjaman kepada individu dan bisnis yang memenuhi kriteria kamu.

Namun, pertama kita akan memahami seperti apakah cara mengecek SLIK OJK dan bagaimana penggunaannya dalam aktivitas kredit masyarakat.

 

Mengenal SLIK OJK

Sama halnya dengan BI Checking, SLIK OJK juga memiliki fungsi utama yang sama yaitu mengawasi dan menyediakan layanan informasi di bidang keuangan dimana salah satu fitur yang ditawarkan yaitu pengadaan riwayat informasi debitur secara digital (iDeb).

Informasi Debitur terdiri dari informasi mengenai Debitur, fasilitas pendanaan yang diterima dari Debitur, dan informasi relevan lainnya yang disajikan berdasarkan Laporan Debitur yang diterima OJK dari Pelapor melalui Aplikasi SLIK.

Secara garis besar aplikasi SLIK memiliki 3 fitur utama, sebagai berikut.

  • SLIK Reporting

Aplikasi SLIK Reporting akan dipasang di dalam perangkat komputer dari instansi pelapor. Fungsi dari aplikasi yaitu melakukan validasi data, enkripsi, kompresi, dan menghasilkan  file laporan debitur yang siap dikirim ke peladen (server) OJK.

 

  • SLIK Web

SLIK Web adalah aplikasi yang dapat diakses oleh pelapor, aplikasi ini menjadi jembatan bagi pelapor dengan OJK dalam pengiriman laporan, pemantauan laporan, permintaan Informasi Debitur, pemantauan permintaan Informasi Debitur, koreksi data secara daring (online), pengelolaan pengguna, dan pemantauan aktivitas pengguna.

 

  • iDeb Viewer

iDeb adalah sebuah layanan yang menghubungkan perseorangan maupun badan usaha ketika membutuhkan informasi debitur yang sudah terlebih dahulu mengajukan permintaan pada Otoritas Jasa Keuangan. Aplikasi ini tertanam di komputer pelapor dan pelapor akan secara langsung menampilkan informasi sesuai permintaan pengguna.

 

Tujuan Pelaporan Informasi Debitur pada Aplikasi SLIK OJK

Laporan riwayat debitur memiliki sifat terkini, lengkap, dan utuh yang akan dilaporkan kepada OJK melalui aplikasi OJK memiliki 6 tujuan utama yaitu:

  1. Mendukung kelancaran proses pemberian Fasilitas Penyediaan Dana
  2. Menerapkan manajemen risiko atau pembiayaan
  3. Mengidentifikasi kualitas Debitur dalam rangka pemenuhan ketentuan OJK.
  4. Mengelola sumber daya yang terkait dengan pelapor SLIK.
  5. Meninjau kerjasama antara pelapor SLIK dengan pihak ketiga.
  6. Meningkatkan disiplin industri keuangan.

SLIK akan memperluas cakupan iDeb, selain lembaga keuangan perbankan dan lembaga keuangan, juga mencakup lembaga keuangan non-bank yang memiliki akses data debitur dan wajib melaporkan data debitur ke Sistem Informasi Debitur (SID).

Selain itu, SLIK juga digunakan untuk melaporkan fasilitas pembiayaan, data agunan, dan data terkait lainnya dari berbagai jenis lembaga keuangan, masyarakat, lembaga pengelola informasi perkreditan (LPIP) dan pihak lain. Integrasi SLIK diharapkan dapat mempermudah proses pengajuan pinjaman. Selain itu, SLIK juga diharapkan dapat meminimalisir peningkatan kredit bermasalah dan kredit bermasalah (NPL).

 

Wajib Tahu tentang SLIK OJK

  • Tidak Dikenakan Biaya

Layanan SLIK gratis untuk perorangan dan bisnis. Berhati-hatilah terhadap siapa pun yang meminta atau mengumpulkan dana (calo).

 

  • Proses Cepat

Seluruh proses layanan SLIK hanya membutuhkan waktu 10 menit (5 menit untuk mencetak dan 15 menit untuk mencetak deklarasi iDeb atau 15 menit penjelasan untuk pengecekan secara offline).

 

  • Tidak Diwakilkan

Untuk melindungi kerahasiaan data pribadi kamu, mohon untuk tidak meminta informasi melalui Layanan SLIK. Namun jika tidak bisa mengambil datanya sendiri, kamu bisa menyewa agen dengan mengeluarkan surat kuasa bermaterai 6000, kartu identitas (KTP)  debitur asli, dan KTP asli surat kuasa yang bisa kamu layani.

 

  • Persiapkan Data dan Identitas Lainnya

Bagi debitur perorangan diperlukan KTP bagi Warga Negara Indonesia (WNI) atau Paspor bagi Warga Negara Asing (WNA), sedangkan bagi debitur korporasi perlu memberikan identitas asli badan serta memberikan fotokopi identitas perusahaan dan pengurus dia.

 

Cara Membaca Informasi SLIK OJK

Setelah melakukan pendaftaran dan pengajuan riwayat debitur pada aplikasi SLIK OJK, informasi debitur secara digital akan diberikan pelapor, dan berikut cara membaca hasil pencariannya:

Cara Mengecek SLIK OJK: Membaca dan Memahami Laporan Debitur Lebih Efektif 6

Sumber: Otoritas Jasa Keuangan

 

  • Informasi Pencarian

Blok hasil informasi pencarian adalah bagian yang memaparkan kata kunci yang digunakan dalam mesin pencarian, kata kunci yang digunakan adalah NPWP(Nomor Pokok Wajib Pajak) dari calon pemohon kredit.

 

  • Data Pokok Debitur

Data pokok debitur berisi data utama debitur yang disampaikan kreditur kepada OJK. jumlah hasil pencarian data pokok debitur yang muncul berbanding lurus dengan jumlah kreditur yang memberikan fasilitas. Beberapa informasi yang tertera pada blok ini adalah Nama debitur, NPWP, Bentuk GU/Go Public, Tempat Pendirian, Nomor dan tanggal akta Pendirian, Pelapor/Tanggal pembaharuan.

 

  • Pemilik/Pengurus

Untuk contoh calon debitur badan usaha pada blok Pemilik akan tercantum informasi data pokok pemilik dan pengurus badan usaha tersebut. Beberapa informasi yang tertera ialah pelapor dan tanggal update/pembaharuan, Nama, Nomor Identitas, Jenis Kelamin, Jabatan, Status pengurus/kepemilikan, pangsa kepemilikan. Di bagian juga berisi sejumlah pemilik/pengurus inti badan usaha.

 

  • Ringkasan Fasilitas

Di baris ini akan berisi ringkasan fasilitas yang didapatkan debitur dari keseluruhan kreditur, beberapa informasi yang ada diantara adalah fasilitas, jumlah plafon, baki debet, kreditur, dan kualitas terburuk yang pernah didapatkan.

 

  • Kredit/Pembiayaan

Bagan kredit atau pembiayaan dijabarkan rincian fasilitas yang telah diberikan masing-masing kreditur. Salah satu kolom berisi informasi baki debet. Baki debet adalah sisa besaran sisa pokok dari pinjaman pada waktu tertentu, jumlah tersebut di luar bunga dan denda atau penalti.

Selain baki debet terdapat indeks kualitas fasilitas penyediaan dana debitur disertai total hari tunggakan di 12 bulan terakhir. Kualitas fasilitas ini dibedakan menjadi 5 kategori skor, berikut penjelasan dari masing-masing kategori:

  • Kolektibilitas Lancar

Ini mencakup individu atau entitas yang memiliki riwayat pembayaran pokok dan bunga yang sangat baik, tanpa catatan tunggakan atau keterlambatan pembayaran yang signifikan.

  • Kolektibilitas dalam Perhatian Khusus

Ini mencakup individu atau entitas sebagai calon debitur pernah menunggak pembayaran pokok atau/dan bunga selama kurun waktu 1-90 hari.

  • Kolektibilitas Kurang Lancar

Ini mencakup individu atau badan usaha sudah melewati batas pembayaran pokok maupun bunga hingga 91-120 hari sejak jatuh tempo.

  • Kolektibilitas Diragukan

Ini mencakup individu atau badan usaha yang memiliki riwayat pembayaran yang kurang baik, dengan keterlambatan pembayaran yang cukup signifikan hingga 121-180 hari.

  • Kategori Macet

Ini mencakup individu atau badan usaha yang memiliki riwayat pembayaran yang sangat buruk, dengan banyak catatan tunggakan atau keterlambatan pembayaran hingga diatas 180 hari, atau mungkin telah mengalami gagal bayar atau penundaan pembayaran secara signifikan.

 

Bagaimana cara membaca indeks pada bagan kolom kualitas fasilitas adalah jika angka sebelah kiri kota menandakan nomor indeks, kemudian sebelah kanan kotak adalah jumlah hari tunggakan. Jika di blok tanggal jatuh tempo terdapat kotak yang berisi angka 2(kiri) dan 30(kanan) artinya pada bulan tersebut debitur memiliki indeks/skor kualitas fasilitas 2(Kolektibilitas dalam Perhatian Khusus) dengan total hari tunggakan sebanyak 30 hari.

 

  • Agunan

Selain informasi skor fasilitas debitur, data agunan oleh debitur juga sangat diperlukan. Pada blok agunan ini akan dijelaskan rincian agunan yang diajukan dan dijaminkan oleh debitur kepada instansi kreditur saat pemberian fasilitas penyediaan dana. Selain informasi detail agunan terdapat status paripasu apabila agunan telah digunakan lebih dari satu fasilitas pada satu kreditur maka kolom ini akan berisi “Ya”. dan yang tidak kalah penting adalah nilai rupiah dari agunan tersebut juga akan disertakan pada informasi riwayat SLIK OJK debitur yang didasarkan pada penilaian pemberi kredit.

 

  • Penjamin

Informasi debitur juga harus dilengkapi dengan data penjamin dari debitur sendiri, pada bagian ini pelapor akan memberikan elaborasi data penjamin. Dalam hal ini penjamin tidak digolongkan kedalam asuransi jiwa, asuransi kerugian atau sejenisnya.

 

Panduan Mandiri Cek SLIK Pribadi Sebelum Pengajuan Kredit 

Untuk mengecek SLIK pribadi secara online, biasanya kamu perlu mengunjungi situs web resmi Otoritas Jasa Keuangan atau platform yang diberikan oleh lembaga keuangan yang terkait. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk melakukan hal tersebut:

  • Buka Situs Web atau Platform

Kunjungi situs web resmi Bank Indonesia atau platform online yang disediakan oleh lembaga keuangan yang melakukan pemeriksaan SLIK OJK. Berikut link laman idebku.ojk.go.id

 

  • Login atau Daftar di halaman web OJK

Perlu diketahui bahwa setiap harinya akan ada kuota yang tersedia untuk melakukan permohonan. OJK menyediakan menyediakan kuota antrian harian selama beberapa jam, seperti 08:00 – 09:00, 09:00 – 10:00, 10:00 – 11:00,  11:00 – 12:00, 13:00 – 14:00, dan 14:00 – 15:00. Perlu diketahui, permintaan informasi debitur di SLIK hanya disediakan  secara online oleh OJK pada hari Senin hingga Jumat pada hari kerja.

Agar mendapat antrian, pastikan kamu lebih awal untuk antri pendaftaran. Jika antrian masih tersedia maka lakukan pendaftaran dengan mengisi informasi yang diminta, seperti jenis Debitur, Jenis Identitas Debitur, dll.jenis debitur, jenis kewarganegaraan debitur, jenis identitas debitur, dan nomor identitas debitur. 

 

  • Jika sudah mengajukan permohonan maka selanjutnya perlu mengunggah identitas diri yang diminta seperti foto kartu identitas, foto diri dengan kartu identitas, dan foto diri dengan maksimal ukuran file sebesar 4MB.

 

  • Lalu “Ajukan Permohonan”. Pastikan email kamu aktif karena laporan SLIK pribadi akan dikirim ke alamat email tersebut.

 

  • Tinjau Hasilnya

Setelah mengirimkan informasi, Jika kamu berhasil akan nomor pendaftaran.

 

  • Tunggu paling lambat 1 hari sejak pengajuan akan diberikan laporan SLIK OJK secara digital. Periksa hasilnya untuk memahami status kredit kamu. jika kamu masuk ke dalam kategori black list maka lakukan pemutihan di riwayat kredit. Dengan begitu status kamu sebagai calon debitur baru akan kembali di indeks 1.

 

Dengan hadirnya layanan informasi debitur online, debitur dapat mengakses dimanapun dan kapanpun dengan mudah melalui SLIK OJK. selain online kamu dapat mengecek SLIK OJK secara offline dengan menghubungi lembaga keuangan yang melakukan pemeriksaan melalui telepon atau datang langsung ke kantor cabang terdekat. 

Pastikan untuk membawa dokumen identifikasi yang valid saat mengunjungi kantor cabang. Petugas bank akan membantu kamu dan memberikan informasi tentang status debitur dan membantu cara membaca SLIK OJK.

Selain kredit diantaranya Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Usaha Rakyat (KUR), Pinjaman Online atau Pinjaman tanpa jaminan, Kredit tanpa Agunan (KTA) yang diberikan Bank. Pengecekan riwayat debitur pada SLIK OJK juga dilakukan di aplikasi p2p lending bahkan sebagai prasyarat calon karyawan di tengah proses rekrutmen pekerjaan.

Pinjaman P2P  atau pinjaman peertopeer adalah pinjaman yang dilakukan oleh seseorang yang disebut kreditur kepada peminjam yang disebut debitur melalui  aplikasi atau platform online. Seperti namanya, pinjaman ini diberikan dari orang ke orang  hanya  melalui perantara kredit.

Docotel Teknologi merupakan perusahaan yang bergerak dalam pengembangan berbagai produk dan layanan terkait  sektor keuangan. Salah satunya adalah produk Bank Fasilitator yaitu Cring!.

Cara Mengecek SLIK OJK: Membaca dan Memahami Laporan Debitur Lebih Efektif 7

Sumber: Docotel Teknologi

 

Cring adalah solusi aggregator produk perbankan yang memiliki banyak layanan produk, untuk mencapai pelayanan yang end-to-end di dunia bisnis, pembayaran fleksibel dengan cepat dan mudah, juga meningkatkan daya tarik produk serta kredibilitas perusahaan, Docotel Teknologi menawarkan 6 solusi untuk membuka potensi fintech di perusahaan kamu, diantaranya:

  • Virtual account debit

Studi kasus produk ini dapat diimplementasikan sebagai salah satu metode pembayaran di marketplace, invoicing pembayaran, dll. Dengan bantuan virtual account debit maka tren pembayaran dapat berpindah dari konvensional menuju modern. Untuk penjelasan lebih lanjut, kamu dapat menemukannya di artikel mengenai  payment gateway.

 

  • Bank Validator

Fitur Bank Validator bertanggung jawab untuk memvalidasi calon klien P2P lending, dompet elektronik atau e-wallet, dan aplikasi peminjaman lainnya terkait data pribadi pelanggan agar bisa dianggap valid atau tidak valid.

 

  • Fund Transfer

Fund transfer adalah layanan untuk mempermudah klien melakukan payout atau transfer dana ke berbagai bank tujuan. Contohnya untuk studi kasus payroll, recurring payment, vendor payment dll.

 

  • Direct Debit

Layanan direct debit dibuat untuk membantu klien dalam mengambil pembayaran dengan cicilan. Studi kasus yang membutuhkan direct debit yaitu loan installment, recurring payment, vehicle dan house financing, dll.

 

  • QR Payment

Produk untuk mendukung pembayaran cashless atau non tunai dengan standar kode QR Nasional.

 

  • RDL atau Rekening Dana Lender

Layanan ini dibentuk khusu memfasilitasi peer to peer (P2P) lending dalam menghimpun dana investasi dari investor ke debitur.

 

Docotel Teknologi telah memperkenalkan pendekatan inovatif terhadap penyediaan layanan keuangan, sehingga memudahkan dan mempercepat individu dan usaha kecil dan menengah (UKM) untuk mengakses pembiayaan yang mereka butuhkan.

Bagaimana cara kerja bank validator sendiri adalah dengan data pribadi klien dengan aman akan dikirimkan ke institusi keuangan lalu bank validator untuk memverifikasi akun bank dan verifikasi NPWP. dengan solusi ini memungkinkan individu atau usaha kecil untuk memperoleh pinjaman tanpa melalui proses rumit yang biasanya dikaitkan dengan bank.

Meskipun  proses verifikasi SLIK OJK yang umum dilakukan di bank konvensional tidak diperlukan, Docotel Teknologi menerapkan sistem penilaian yang ketat dalam prosesnya untuk memastikan kesesuaian peminjam dan mengelola risiko kredit Masuk dengan baik.

Oleh karena itu, produk dan layanan yang ditawarkan Docotel Teknologi tidak hanya memberikan solusi teknologi inovatif pada sektor keuangan, tetapi juga melayani masyarakat luas dengan memberikan akses kredit yang  mudah dan cepat kepada individu dan usaha kecil dan menengah.

Hal ini sejalan dengan misi perusahaan untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat melalui teknologi. Untuk penjelasan mengenai produk bank fasilitator lainnya, silakan kunjungi halaman blog Docotel.

Penulis: Olivia Rumiris

teresaiswara

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement