Docotel Official Blog
Beginilah Peran Penting Desainer Grafis 1

Beginilah Peran Penting Desainer Grafis

Saat ini, kemampuan dalam bidang desain grafis semakin diperhitungkan dalam lingkup bisnis dan industri. Desain grafis telah menjadi kebutuhan karena dapat membantu proses penyampaian informasi kepada khalayak. Melalui desain grafis maka informasi yang disampaikan akan lebih menarik secara visual.

Disadari atau tidak, setiap hari kita bertemu dengan yang namanya desain, bisa berupa iklan, brosur, logo, dan lainnya. Beberapa produk didesain dengan matang sehingga nyaman dilihat, tetapi tidak sedikit pula yang sekadar dibuat tanpa konsep yang jelas. Oleh karena itu, peran seorang desainer grafis sangat dibutuhkan. Mari kita cek bagaimana peran desainer grafis bagi dunia bisnis dan industri.

1. Menyampaikan pesan dengan bentuk visual yang kreatif
Grafis atau gambar dalam publikasi informasi dapat mengurangi kebosanan, sebab manusia lebih berorientasi pada visual. Oleh karena itu, seorang desainer grafis harus bisa memvisualisasikan semua prinsip dan elemen desain (gambar, teks, garis, warna, dan sebagainya) secara kreatif agar pesan yang terkandung dalam sebuah desain bisa tersampaikan dengan tepat dan sesuai kebutuhan tanpa meninggalkan nilai estetika.

2. Membuat konten lebih efektif dan efisien
Konten visual cenderung lebih efektif dan efisien ketimbang konten yang menggunakan teks saja. Konten yang ditampilkan desainer grafis harus dapat meringkas sekaligus menyajikan data kompleks, meskipun data yang harus disampaikan banyak.

3. Membantu proses branding yang tepat
Seorang desainer grafis tidak hanya bertugas mengatur tata letak tulisan dan gambar saja, tapi juga harus bisa membantu mengembangkan desain branding suatu produk. Desain yang dibuat tentu harus merepresentasikan karakter kuat dari perusahaan dan produknya. Di sini lah peran penting desainer grafis dalam proses branding. Menawarkan brand yang terlihat unik dan menarik tentu akan sanggup mendatangkan kepercayaan klien.

Ternyata peran desainer grafis dalam dunia bisnis ataupun industri sangat penting, ya! Siapa yang semakin tertarik dalam dunia desain grafis?

Avatar photo

yopi saputra

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement