Docotel Official Blog

Bagaimana Era Komputerisasi Dimulai?

Komputer terlahir bukan untuk hiburan atau pengiriman email, tapi dari kebutuhan untuk memecahkan krisis angka-angka yang serius. Pada tahun 1880, populasi Amerika Serikat telah tumbuh begitu besar sehingga butuh lebih dari tujuh tahun untuk membuat tabulasi hasil sensus pemerintah AS. Pemerintah mencari cara yang lebih cepat untuk mendapatkan pekerjaan yang dilakukan sehingga melahirkan punch card (media penulisan berbahan kertas atau kayu yang fleksibel untuk encode data, umumnya sebanyak 80 karakter) berbasis komputer yang mengambil entire room.

Punch CardPunch Card
Punch Card
Punch Card

Hari ini kemampuan komputerisasi sudah lebih canggih pada smartphone kita daripada yang tersedia pada komputer model awal. Berikut sejarah singkat komputerisasi, yaitu bagaimana komputer berkembang dari awal yang sederhana sampai menjelma ke mesin yang kini bisa digunakan untuk menjelajah internet, bermain game, dan multimedia streaming.

1801: Di Perancis, Joseph Marie Jacquard menciptakan alat tenun menggunakan punch cardyang terbuat dari kayu dan secara otomatis menenun rancangan kain pabrikan. Cikal bakal komputer kelak akan menggunakan punch card yang sama.

1822: Matematikawan asal Inggris, Charles Babbage, menggagas dari mesin hitung steam driven yang mampu menghitung tabel angka. Proyek yang didanai oleh pemerintah Inggris ini mengalami kegagalan. Lebih dari satu abad kemudian, barulah komputer pertama di dunia benar-benar dirancang.

Analytical EngineAnalytical Engine
Analytical Engine
Matematikawan terkenal, Charles Babbage, mendesain komputer era Victoria, disebut Analytical Engine. Ini adalah bagian dari pabrik dengan mekanisme pencetakan.

1890: Herman Hollerith mendesain sistem punch card untuk menghitung sensus 1880, menyelesaikan tugas hanya dalam tiga tahun, dan menyimpan anggaran pemerintah sekitar $5 juta. Dia juga menetapkan sebuah perusahaan yang pada akhirnya akan menjadi IBM.

1936: Alan Turing menyajikan gagasan tentang mesin universal, kemudian disebut mesin Turing, mampu menghitung apa pun yang dapat dihitung. Konsep utama dari komputer modern didasarkan pada ide-idenya.

1937: J. V. Atanasoff, seorang profesor fisika dan matematika di Iowa State University, berupaya membangun komputer pertama tanpa gearscamsbelts, atau shafts.

1941: Atanasoff dan mahasiswa pascasarjana nya, Clifford Berry, mendesain komputer yang dapat memecahkan 29 persamaan secara simultan. Ini menandai pertama kalinya sebuah komputer mampu menyimpan informasi pada memori utama.

1943-1944: Dua profesor dari University of Pennsylvania, John Mauchly dan J. Presper Eckert, membangun Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC). Dianggap kakeknya komputer digital, itu mengisi 240 inci per 480 inci dalam sebuah ruang yang memiliki 18.000 tabung hampa udara.

1946: Mauchly dan Presper meninggalkan University of Pennsylvania dan menerima dana dari Biro Sensus untuk membangun UNIVAC, komputer komersial pertama untuk bisnis dan aplikasi pemerintah.

1947: William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain dari Bell Laboratories menemukan transistor. Mereka menemukan cara membuat saklar listrik dengan bahan padat dan tidak perlu hampa udara.

1953: Grace Hopper mengembangkan bahasa komputer pertama, yang akhirnya menjadi dikenal sebagai COBOL. Thomas Johnson Watson Jr., anak dari CEO IBM Thomas Johnson Watson Sr., menyusun IBM 701 EDPM untuk membantu PBB mengawasi Korea selama perang.

1954: Bahasa pemrograman FORTRAN lahir.

1958: Jack Kilby dan Robert Noyce mengungkap sirkuit terpadu, yang dikenal sebagai chipkomputer. Kilby dianugerahi Nobel Prize dalam bidang Fisika pada tahun 2000 untuk karyanya.

1964: Douglas Engelbart menunjukkan prototipe dari komputer modern dengan mouse dan Graphical User Interface (GUI). Ini menandai evolusi komputer dari mesin khusus untuk para ilmuwan dan ahli matematika menjelma untuk teknologi yang lebih mudah diakses oleh masyarakat umum.

1969: Sekelompok pengembang di Bell Labs menghasilkan UNIX, sebuah sistem operasi yang ditujukan masalah kompatibilitas. Ditulis dalam bahasa pemrograman C, UNIX adalah portabel di beberapa platform dan menjadi sistem operasi pilihan di antara mainframe di perusahaan besar dan lembaga pemerintah. Karena sifat lambat dari sistemnya, ini tidak pernah cukup memperoleh daya tarik di kalangan pengguna PC rumahan.

1970: Intel yang baru terbentuk memperkenalkan Intel 1103, Dynamic Access Memory (DRAM) chip pertama.

1971: Alan Shugart memimpin sebuah tim IBM engineers yang menciptakan “floppy disk,” yang memungkinkan data untuk dibagi di antara komputer.

1973: Robert Metcalfe, anggota staf riset untuk Xerox, mengembangkan Ethernet untuk menghubungkan beberapa komputer dan perangkat keras lainnya.

1974-1977: Sejumlah komputer pribadi menekan pasar, termasuk Scelbi & Mark-8 Altair, IBM 5100, Radio Shack TRS-80–yang juga dikenal sebagai “Trash 80”–dan Commodore PET.

1975: Majalah Popular Electronics memiliki fitur Altair 8080, digambarkan sebagai “minicomputer kit pertama di dunia untuk menyaingi model komersial.” Dua pakar komputer, Paul Allen dan Bill Gates, menawarkan membuat perangkat lunak untuk Altair, menggunakan bahasa BASIC yang baru. Pada tanggal 4 April, setelah keberhasilan usaha pertama ini, dua teman kecil ini membentuk perusahaan perangkat lunak mereka sendiri, yaitu Microsoft.

1976: Steve Jobs dan Steve Wozniak memulai Apple Computers April Mop dan menggelar Apple I, komputer pertama dengan single circuit board.

1977: Radio Shack menjalankan produksi awal TRS-80 hanya 3.000. Produk itu laris manis terjual. Untuk pertama kalinya, orang yang bukan pakarnya (non-geeks) bisa menulis program dan membuat komputer melakukan apa yang mereka inginkan.

TRS-80TRS-80
TRS-80
TRS-80, yang diperkenalkan pada tahun 1977, adalah salah satu mesin pertama yang ditujukan untuk pengguna dari kalangan non-geeks.

1977: Jobs dan Wozniak menggabungkan Apple dan menunjukkan Apple II pada pagelaran pertama West Coast Computer Faire. Menawarkan grafis warna dan menggabungkan audio cassette untuk penyimpanan.

1978: Akuntan bersukacita atas pengenalan VisiCalc, program lembar kerja dengan komputerisasi pertama.

1979: MicroPro International merilis WordStar untuk pengolah kata.

1981Personal computer (PC) pertama IBM, Acorn, diperkenalkan. Menggunakan sistem operasi Microsoft MS-DOS. Ini memiliki Intel chip, dua floppy disk disket dan warna monitor yang opsional. Sears & Roebuck dan Computerland menjual mesinnya, menandai pertama kalinya komputer tersedia melalui distributor di luar. Ini juga memopulerkan PC dalam jangka panjang.

IBM PCIBM PC
IBM PC
Personal computer pertama keluaran IBM diperkenalkan pada 12 Agustus 1981, menggunakan sistem operasi Microsoft MS-DOS.

1983: Apple Lisa adalah PC pertama dengan GUI. Ia juga memiliki menu drop-down dan icon.Awalnya berbentuk flip (dijepit), tapi akhirnya berkembang menjadi Macintosh. The Gavilan SC adalah komputer portabel pertama dengan bentuk flip yang familiar dan teknologi pertama yang dipasarkan sebagai laptop.

1985: Microsoft mengumumkan Windows, tanggapannya terhadap GUI Apple. Commodore memperkenalkan Amiga 1000, yang dilengkapi kemampuan audio dan video termutakhir pada saat itu.

1985: Dot-com nama domain pertama terdaftar pada tanggal 15 Maret tahun sebelum World Wide Web akan menandai awal resmi dari sejarah Internet. The Symbolics Computer Company, produsen komputer kecil di Massachusetts, terdaftar di Symbolics.com. Dua tahun kemudian, hanya sekitar 100 dot-com yang telah terdaftar.

1986: Compaq membawa Deskpro 386 ke pasar. Optimasi 32-bit memberikan kecepatan yang sebanding dengan mainframe.

1990: Tim Berners-Lee, seorang peneliti di CERN, laboratorium fisika di Jenewa, mengembangkan HyperText Markup Language (HTML) sehingga memunculkan World Wide Web.

1993Pentium microprocessor memajukan penggunaan grafis dan musik pada PC.

1994: PC menjadi mesin game. “Command & Conquer,” “Alone in the Dark 2,” “Theme Park,” “Magic Carpet,” “Descent”, dan “Little Big Adventure” adalah beberapa gameuntuk menekan pasar.

1996: Sergey Brin dan Larry Page mengembangkan mesin pencari; Google, di Stanford University.

1997: Microsoft berinvestasi $150 juta terhadap Apple, yang berjuang pada saat itu, mengakhiri kasus pengadilan Apple terhadap Microsoft yang ditengarai bahwa Microsoft menyalin “tampilan dan nuansa” dari sistem operasi.

1999: Istilah Wi-Fi menjadi bagian dari bahasa komputerisasi dan pengguna mulai menghubungkan ke Internet tanpa kabel.

2001: Apple memperkenalkan sistem operasi Mac OS X, yang menyediakan perlindungan memori dan pre-emptive multitasking, di antara manfaat lainnya. Tidak mau kalah, Microsoft pun mengeluarkan Windows XP yang memiliki GUI yang didesain ulang secara signifikan.

2003: Prosesor 64-bit pertama, AMD Athlon 64, tersedia untuk pasar konsumen.

2004: Mozilla Firefox 1.0 menantang Microsoft Internet Explorer, yang didominasi Web browsers. Facebook, situs jejaring sosial, diluncurkan.

2005: YouTube, layanan video sharing, didirikan. Google mengakuisisi Android, sistem operasi ponsel berbasis Linux.

2006: Apple memperkenalkan MacBook Pro, berbasis Intel, komputer mobile dual-corepertama, serta iMac berbasis Intel. Nintendo Wii game console pun mulai ramai di pasaran.

2007: iPhone membawa banyak fungsi komputer ke dalam smartphone.

2009: Microsoft meluncurkan Windows 7, yang menawarkan kemampuan untuk pin aplikasi ke taskbar, kemajuan daya layar sentuh, dan pengenalan tulisan tangan (handwriting).

2010: Apple memperkenalkan iPad, mengubah cara konsumen melihat media dan memulai lompatan besar untuk segmen komputer tablet.

2011: Google merilis Chromebook, laptop yang menjalankan Google Chrome OS.

2012: Facebook memperoleh 1 juta pengguna pada 4 Oktober.

2015: Apple merilis Apple Watch. Microsoft merilis Windows 10.

Demikianlah rangkaian era komputerisasi dimulai. Perkembangan teknologi itu akan terus mengikuti waktu, selalu maju, tidak akan pernah mundur. Begitu pula prinsip yang diterapkan oleh Docotel dalam menawarkan servis dan produknya. Kami selalu berinovasi dan bekerja sepenuh hati untuk meng-upgrage semua komponen yang ada, baik itu dari internal maupun eksternal. We offer solutions to be upgraded.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement