Docotel Official Blog

Apa Saja Elemen Pendukung Aktivitas on Page SEO?

On page SEO mungkin adalah proses yang paling penting–tidak hanya untuk peringkat yang lebih baik, tetapi juga untuk menyukseskan kampanye internet marketing. Setiap kampanye dimulai dari website. Jika website Anda tidak dioptimalkan–bagi mesin pencari dan pengguna–peluang Anda untuk ditemukan itu tidak besar.

Search Engine Optimization atau SEO adalah istilah yang merangkum semua hal yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan posisi peringkat website Anda di berbagai mesin pencari atau search engine. Ini termasuk pengaturan konfigurasi yang harus diterapkan pada website(on page SEO) dan teknik yang dapat digunakan di luar batas-batas website (off page SEO).

Apa Saja Elemen Pendukung Aktivitas on Page SEO? 3
Search Engine Optimization

Dalam artikel ini, akan dijelaskan apa saja elemen pendukung aktivitas on page SEO yang harus diketahui oleh semua orang yang berkecimpung di bisnis online, dan berikut ini ulasannya.

1. Keterkaitan Nama Domain

Cara kerja _search engine_ pertama kali ketika dimasukkan _keyword _adalah menyesuaikan antara keyword tersebut dengan nama domain dari sebuah website. Jadi, pertimbangkan baik-baik sebelum menentukan nama domain. Usahakan sebuah nama domain bisa mencakup isi dari materi sebuah website.

2. Judul

Penggunaan dan penempatan sebuah judul akan membantu sebuah website untuk dapat bertanding di urutan atas search engine. Untuk itu, usahakan judul website atau judul artikel mempunyai korelasi antara _keyword_ dan deskripsi dari isi materi konten tersebut.

Struktur _permanent link_ atau _permalink_ dari URL sebuah website juga mempunyai peranan penting pada SEO. _Permalink_ termasuk salah satu elemen yang ditampilkan pada _search result page_ setelah judul. Selain membuat SEO friendly, _permalink_ bisa menjelaskan apa isi konten, membuat admin website lebih mudah dalam pengaturan, dan juga lebih memudahkan pengguna search engine untuk mengingatnya. Untuk itu, hindarilah penggunaan permalinkyang berisikan nomor atau kode yang tidak jelas.

4. Meta Description

Metadata mencakup semua informasi pada sebuah data. Hal ini berlaku juga untuk website. Untuk memasukkan metadata ke dalam website, Anda bisa menggunakan meta tagMetadatayang berguna untuk mendukung SEO adalah _meta description_ dan meta keyword. _Meta description_ harus diletakkan di sebuah website agar_ search engine_ mampu menemukan website Anda. _Meta description_ yang tepat akan membawa website Anda ke urutan atas search engine. Selain itu, isi _meta description_ akan ditampilkan pada hasil pencarian search engine. Oleh karenanya, jumlah karakter pada _meta description_ sebaiknya tidak perlu lebih dari 160 karakter. Karena pada umumnya, hasil pencarian search engine hanya mampu menampilkan tidak lebih dari 160 karakter saja.

5. Meta Keyword

Walaupun_ meta keyword_ tidak lagi banyak dipergunakan _search engine_ besar seperti Google dalam algoritma proses pencarian, namun rasanya tetap bijak jika Anda tetap memasukkan meta keyword sebagai elemen pendukung aktivitas on page SEO dan menggunakannya.

6. Keterkaitan Isi/Konten

Dalam konten sebuah website, Anda bisa mencantumkan dan memberikan korelasi antara isi artikel dengan keyword. Dengan korelasi yang baik, _search engine_ akan semakin bersahabat dengan website Anda, dan mampu membawa ke urutan pertama di hasil pencarian search engine. Jadi, usahakan agar selalu konsisten dengan apa yang kita tulis dalam artikel dengan seluruh korelasi keyword, judul, dan meta description dari website. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar _keyword_ pada isi/konten dapat mudah ditemukan oleh search engine. Sebelumnya _keyword_ dapat dimasukkan pada meta keyword, namun belakangan beberapa _search engine_ hanya menggunakan beberapa format text seperti headlinestrong,dan italic text yang merujuk _keyword_ dalam isi/konten.

7. Sitemap

_Sitemap_ bisa diumpamakan sebagai sebuah peta dari seluruh isi website. Umumnya sitemapmenampilkan struktur seluruh laman di website Anda yang ditampilkan secara berurutan. Dengan sitemap, pengguna website dimudahkan dalam mencari laman yang diinginkannya, begitu pula dengan search engine. Namun, untuk memaksimalkan _search engine_ dalam menelusuri seluruh laman yang ada, pertimbangkan juga untuk menggunakan XML Sitemapyang dapat dikirim ke Google Webmaster Tool.

8. Natural Listing

Natural listing adalah salah satu elemen lain untuk memaksimalkan SEO dengan cara mendaftarkan ke laman directory. Tidak harus banyak, cukup mendaftarkan ke beberapa _search engine_ yang memiliki tingkat popularitas tinggi dan sering dipakai oleh pengguna internet, misalnya:

_Backlink_ adalah link masuk yang merujuk ke website atau suatu laman website dari suatu situs web lainnya. _Backlink_ dianggap sangat penting oleh search engine. Semakin banyak jumlah _backlink_ yang merujuk ke website Anda semakin tinggi indikasi tingkat popularitas websitetersebut menurut search engine. Yang perlu diingat adalah _backlink_ dari sebuah websitedengan tingkat popularitas tinggi akan dinilai puluhan kali lebih tinggi dibanding websitepemula.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement