Docotel Official Blog

Ayo, Jadi Pahawan Lagi di Doco Donor Day!

“Blood donation is the way to stay healthy”, kutipan itu jelas menginformasikan bahwa mendonorkan darah tidak hanya berbagi kebaikan untuk orang lain, tapi juga menjadi bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh sendiri. Dengan mendonorkan darah, kadar zat besi dalam tubuh dapat menjadi lebih stabil serta menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah. Berangkat dari hal ini, Docotel bersama PMI DKI Jakarta menggelar lagi kegiatan Doco Donor yang berlangsung pada Senin (11/03) di lobby Docotel World.

Tepat pukul 09.00 WIB para calon pendonor, yang tidak lain karyawan Docotel, terlebih dahulu harus mengisi formulir dan dicek kondisi badannya agar memenuhi persyaratan sebagai pendonor, jika lolos maka diizinkan untuk mendonorkan darahnya. Salah satu tim dokter dari PMI Kramat, dokter Vika menyampaikan bahwa ada beberapa syarat yang harus dipenuhi calon pendonor, seperti usia dalam rentang 17-65 tahun juga berat badan minimal 45 kg.

“Selain itu, tensi juga harus normal, minimal 100/70 – 160/110. Kemudian HB (Hemoglobin), yaitu metaloprotein (protein yang mengandung zat besi) berada di angka 12,5 – 17,0. Sebaiknya bagi perempuan yang sedang mentruasi tidak melakukan donor darah. Lalu disarankan untuk tidak minum obat seperti obat pengencer darah, antibiotik, dan obat rutin beberapa hari sebelum melakukan donor darah, ” tambah dokter Vika.

Bagi sebagian orang donor darah mungkin menjadi kegiatan yang cukup menyeramkan hingga mereka enggan melakukannya. Namun, kegiatan Doco Donor tetap menggugah para karyawan yang secara rutin menyumbangkan darahnya. Ada juga karyawan-karyawan yang baru pertama kali berpartisipasi mendonorkan darahnya.

“Tadi niatnya nganter doang, soalnya nggak berani, ‘kan. Sebelumnya sempet takut karena temen-temen yang pernah donor darah pernah ada yang pingsan, tapi karena katanya bikin sehat jadi aku donor aja, deh. Selain itu dorongan dari temen juga, sih” tutur Flo Anggita dari divisi ESW menceritakan pengalaman perdananya melakukan donor darah.

Amalia Kapriyanti dari divisi SCS pun berbagi pengalamannya setelah melakukan donor darah kali ini, menurutnya kegiatan donor darah menjadi salah satu caranya untuk beramal kepada orang yang membutuhkan karena di luar sana masih banyak orang yang membutuhkan darah. Wanita yang berprofesi sebagai Business Analyst tersebut berharap dengan mendonorkan darahnya maka akan memberikan manfaat bagi orang yang membutuhkan.

Nah, buat kamu yang belum bisa berpartisipasi dalam Doco Donor kali ini tidak perlu risau karena Docotel secara konsisten mengadakan kegiatan ini tiap tiga bulan. Sampai jumpa di #DocoDonorDay berikutnya dan jaga kesehatan, ya!

Lukman M. Ardiansyah

Lukman M. Ardiansyah

teresa iswara

teresa iswara

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed