Docotel Official Blog
Apa Itu Aplikasi Lite? 3

Apa Itu Aplikasi Lite?

Buat kamu penguna smartphone pastinya sering download dan instal berbagai macam aplikasi di gadget kamu, dong. Mulai dari game, aplikasi edit foto, kamera cantik, aplikasi pemutar musik dan lain-lain. Dan kamupasti pernah lihat atau instal aplikasi dengan embel-embel “Lite”. Misalnya seperti Facebook Lite, Line Lite, Messenger Lite, dan lain-lain. Nah, kamu tau nggak apa sih lite itu?

Aplikasi Lite adalah aplikasi yang dikembangkan dari aplikasi utama, aplikasi ini biasa disebut sebagai versi kecil dan sederhana dari aplikasi utama, karena meski punmemiliki fungsi yang sama, aplikasi Lite hanya membawa fitur-fitur dasar dari sebuah aplikasi utama.

Aplikasi Lite dikembangkan dengan tujuan untuk membantu para pengguna smartphone dengan spesifikasi dasar yang tidak memungkinkan untuk menginstal berbagai aplikasi dengan ukuran besar. Maka dari itu, ukuran aplikasi Lite sudah dikompres hingga memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan aplikasi utama. Seperti misalnya aplikasi Line memiliki ukuran 35 mb, sedangkan Line Lite memiliki ukuran hanya 0.88 mb saja. Ini bertujuan agar aplikasi Lite tidak memakan banyak ruang penyimpanan (storage) dan juga RAM pada smartphone kamu.

Apa Itu Aplikasi Lite? 4

Selainitu, aplikasi Lite juga memakan data internet yang lebih sedikit daripada aplikasiutama. Untuk masalah koneksi, baik versi Lite atau aplikasi utama dapatdigunakan pada jaringan 2G, 3G, dan 4G. Namun aplikasi Lite telah di desainkhusus agar dapat berjalan pada jaringan 2G. Sehingga walaupun koneksi internetkamu lambat, kamu tetap dapat menggunakan aplikasi tersebut.

Selain beragam kelebihan yang diberikan oleh aplikasi Lite, rupanya aplikasi ini juga memiliki kekurangan. Seperti misalnya fitur yang disediakan sebatas fitur standar atau utama yang diambil dari aplikasi utama, sehingga tidak ada fitur lain yang bisa dinikmati oleh pengguna. Selainitu, kinerja aplikasi ini tidak sehebat aplikasi utama, ini dikarenakan ukuran aplikasi yang sudah diperkecil agar mengurangi penggunaan RAM pada smartphone kamu.

Itulah tadi pengertian Lite pada aplikasi, jadi kamu lebih pilih aplikasi Lite atau aplikasi utama? Semoga bermanfaat ya!

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement