Docotel Official Blog
Kenalan Sama Flatland Photography, Yuk! 1

Kenalan Sama Flatland Photography, Yuk!

Semakin majunya dunia teknologi digital nampaknya juga sangat berpengaruh kepada beberapa aspek yang berhubungan, seperti misalnya dunia fotografi. Hal ini ditunjukan dengan munculnya berbagai macam alat penunjang fotografi yang semakin canggih, seperti misalnya kamera Mirrorless, GoPro, maupun handphone yang dilengkapi dengan kamera yang hampir setara dengan kamera professional, wiih.. Pasti kamu punya salah satu diantaranya dong… Secara, jaman sekarang ‘kan sedikit-sedikit ‘cekrek’, sedikit-sedikit selfie, hehehe..

Selain itu, teknik-teknik pengambilan gambar yang semakin bervariasi pun terus bermunculan. Seperti di tahun 2017 ini, muncul sebuah teknik fotografi bernama “flatland photography” atau fotografi tanah datar. Fotografi ini dapat memotret sebuah bidang datar dan terlihat seperti beberapa bidang yang digabung menjadi satu. Sedikit berbeda dari kebanyakan teknik fotografi, flatland photography tidak menggunakan kamera biasa, melainkan menggunakan drone untuk mengambil gambar. Iya, drone yang bisa terbang kayak pesawat itu!

Jadi, berawal dari seorang fotografer asal Turki bernama Aydin Buyuktas yang membuat proyek foto yang diberi nama flatland. Menurut Aydin, asal mula nama flatland terinspirasi dari novel Satir dengan judul yang sama, dimana novel tersebut menggambarkan dunia dalam dua dimensi dan diisi oleh figur geometris. Selain itu, jika dilihat dari hasil fotonya, lebih mudah untuk mengatakan bahwa Aydin terinspirasi dari potongan film Inception, yaitu saat Dom Cobb mengajak Adriane memahami seluk-beluk membangun kota dalam dunia mimpi.

Kalau kamu melihat hasilnya, flatland photography selalu menunjukan kesan gambar yang menakjubkan dalam setiap hasil fotonya, karena teknik ini memberikan sudut pandang yang lain dalam beberapa dimensi atau dalam sekali tatapan mata. Fotografi ini menggabungkan antara gambar vertikal dan horizontal dalam sebuah gambar. Gambar vertikal memperlihatkan pemandangan objek secara keseluruhan, sedangkan gambar horizontal memperlihatkan objek dengan lebih tajam dan detil.

Nah, sekarang mari kita lihat beberapa foto karya Aydin yang bisa kamu lihat juga melalui website-nya! Semoga artikel ini bisa menginspirasi bagi kamu-kamu yang ingin berkarya khususnya dalam bidang fotografi, ya!

Flatland Photography karya AydinFlatland Photography karya Aydin

Ini keren banget, sih..Ini keren banget, sih..

Stadion sepak bolaStadion sepak bola

Woooow...Woooow…

Rel kereta apiRel kereta api

Suasana dari atas kota

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement