Docotel Official Blog
HTML 1.0 – HTML 5.0, Bagaimana Perkembangannya? 3

HTML 1.0 – HTML 5.0, Bagaimana Perkembangannya?

HTML merupakan bahasa standar untuk membuat halaman-halaman web. HTML sendiri adalah singkatan dari HyperText Markup Language.

Kalau menurut Wikipedia Indonesia HTML adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web,  menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintergrasi. Emm, buat yang awam termasuk Saya agak ribet ya buat memahami HTML itu apa ? .

Jadi, halaman web itu kan disusun dari kode-kode HTML, ekstensinya HTML yang disimpan di server. Nah file HTML ini yang dikirimkan dari server ke browser kita. Lalu, browser yang menerjemahkan kode-kode HTML itu sehingga menghasilkan suatu tampilan yang indah yang kita lihat. Nah sekarang kita masuk ke sejarah HTML biar lebih tau, supaya gak cuma tahu dari pengertiannya saja.

HTML 1.0 – HTML 5.0, Bagaimana Perkembangannya? 4

Sejarah Singkat HTML

HTML pertama kali dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa) dan dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic.

HTML  mengalami perubahan yang amat cepat, tiap-tiap perkembangan versi HTML mempunyai kekuatan serta sarana yang lebih baik dari versi sebelumnya. Sebelum sebuah versi HTML disahkan sebagai dokumen HTML yang standar, sebelumnya harus disetujui oleh W3C untuk dievaluasi secara ketat.

Perkembangan Versi HTML

HTML Versi 1.0

HTML versi 1.0 (1989) memiliki kemampuan antara lain heading, paragraph, hypertext, list, serta cetak tebal dan miring pada teks. Versi ini juga mendukung peletakan image pada dokumennya tanpa memperbolehkan meletakkan teks disekelilingnya ( wrapping ).

HTML Versi 2.0

HTML versi 2.0 (1995) penambahan kualitas HTML terletak pada kemampuannya untuk menampilkan suatu form pada dokumen. Dengan adanya form ini, maka kita dapat memasukkan nama, alamat, serta saran/kritik. HTML versi 2.0 ini merupakan pionir dari adanya homepage interaktif.

HTML Versi 3.0

HTML versi 3.0 (1996) menambahkan beberapa fasilitas baru seperti table. Versi ini yang disebut juga sebagai HTML+ karena banyak penambahan fitur yang lebih fleksibel untuk membuat sebuah web yang intraktif. Versi ini tidak bertahan lama dan segera digantikan HTML versi 3.2.

HTML Versi 4.0

HTML versi 4.0 (1997) memuat banyak sekali perubahan dan revisi dari pendahulunya. Perubahan ini terjadi hampir disemua perintah-perintah HTML seperti table, image, link, text, meta, imagemaps, form, dan lain- lain

HTML Versi 5.0

HTML Versi 5.0 (2009) adalah sebuah prosedur pembuatan tampilan web baru yang merupakan penggabungan antara CSS, HTML itu sendiri dengan Java Script. Teknologi ini mulai diluncurkan pada tahun 2009.

Oh iya, menurut beberapa sumber HTML versi 5.0 belum sepenuhnya dirilis, tetapi sudah banyak browser yang menerima HTML 5 dengan memberikan kontribusi untuk mendukung penggunaan HTML 5 pada browsernya. Contoh yang paling terkenal dan mendukung HTML 5 sepenuhnya adalah Chrome, Firefox, Internet Explorer, Safari.

Nah itulah perkembangan HTML mulai dari HTML versi 1.0 hingga 5.0, semoga bisa menjadi lebih tahu mengenai HTML serta perkembangannya.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement