Docotel Official Blog
Responsive web design 1

Responsive web design

Di zaman modern seperti saat ini dengan perkembangan gadget yang sangat pesat, membuat orang lebih suka browsing di internet menggunakan smartphone mereka. Seperti beberapa data yang sempat dirillis, pengguna internet di Indonesia yang menggunakan perangkat mobiledalam melakukan browsing di internet telah meningkat tajam. Ditambah lagi semakin meningkatnya pengguna tablet, dimana ukuran layarnya lebih besar dari smartphone dan lebih kecil dibandingkan laptop. Dengan situasi seperti itu, situs website saat ini dituntut untuk mendukung berbagai jenis tampilan, mulai dari komputer, tablet dan smartphone, agar situs web tersebut dapat diakses dengan tampilan yang bagus di berbagai jenis device.

Nah dari hal dasar itulah kini hadir responsive web design dimana sekarang banyak designer membangun web dengan pendekatan mobile-first untuk memaksimalkan desain dan tampilan websitenya. Setelah sebelumnya situs hanya dioptimasi untuk personal komputer desktop saja. Tentu pemilik web tidak mau merugi juga  karena website miliknya ditinggakan oleh pengguna karena tidak bisa optimal saat dibuka di perangkat mobile, karena kesan negatif akan muncul jika pengalaman mobile pengguna  bermasalah pada suatu website.

Apa itu Responsive web design?

Desain web responsive atau Responsive web design merupakan teknik yang dipakai untuk membuat layout website dapat menyesuaikan diri ketika dilihat atau diakses menggunakan perangkat yang digunakan, karena tampilan yang ada di desktop dan yang ada di smartphonetentu akan berbeda. Selain dapat mempengaruhi apa yang ditampilkan pada perangkat tertentu, ini juga untuk mengoptimalisasi kenyamanan pengguna untuk menjelajah web dari tampilan, navigasi serta konten website tanpa merubah ukuran halaman web dari perangkat apapun yang mereka gunakan.

Di samping itu, desain web yang responsif dapat memberikan pengunjung pengalaman yang lebih baik bagi pengunjung website itu sendiri. Contohnya, pengguna tidak perlu zoom in dan zoom out teks dan gambar pada layar. Hal ini membuat lebih mudah dan lebih nyaman bagi pengguna untuk membaca dan menjelajahi situs anda.

Dalam sebuah statistik menggambarkan mengapa user experience itu penting, karena setiap kali orang membuka sebuah situs kemudian mereka tidak mendapatkan konten yang mereka cari maka sangat besar kemungkinan mereka akan langsung meninggalkan website tersebut. Demikian sebaliknya, jika mereka mudah menemukan konten yang mereka cari, mereka tidak segan-segan untuk kembali mengunjungi halaman website itu.

Nah disitulah pentingnya desain web responsif, karena pengalaman pengunjung juga harus diperhatikan.  Dengan adanya teknik responsif ini juga dapat mempermudah kerja programmer dan juga dapat menghemat penggunaan subdomain. Namun penggunaanya perlu disesuaikan, misalnya untuk website yang akan menampilkan gambar saja maka lebih baik tidak menggunakan teknik responsif ini karena akan sangat berat dalam loading gambarnya.

Ada cara simplenya loh untuk mengetahui atau mengetes tampilan website memakai teknik responsif secara umum. Caranya cukup mudah, tidak harus mengaksesnya dari mobile devicemaupun perangkat lain tetapi cukup dengan meminimize brower anda kedalam bentuk atau ukuran mobile device, dari situ kita sudah dapat mengetahui apakah website tersebut sudah responsif atau belum.

Atas dasar hal tersebut, responsive web design sepertinya sangat penting bagi pemilik web agar banyak user yang menyukai web tersebut. Maka dari itu segeralah miliki website yang responsif, yang pastinya akan sangat bermanfaat.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement