Docotel Official Blog
Tips Meningkatkan Keamanan Pada Komputer 1

Tips Meningkatkan Keamanan Pada Komputer

Internet memang memudahkan berbagai aktivitas kamu sehari-hari, dengan menggunakan berbagai perangkat seperti smartphone, laptop atau komputer kamu bisa menyambungkan ke koneksi internet. Namun, perangkat komputer yang terhubung dengan internet bisa mengancam data dan privasi penggunanya, loh.

Pengguna gadget terutama laptop atau komputer harus ekstra waspada saat berselancar di dunia internet, karena terdapat berbagai ancaman siber yang mengancam data-data mereka. Oleh karena itu, pengguna komputer atau laptop harus memperhatikan beberapa hal agar data-datanya tetap terjaga.

  1. Gunakan selalu Incognito mode saat berada di luar

Pada saat tertentu, pastinya kamu pernah menggunakan internet di perangkat komputer yang bukan milik pribadi, kan? Seperti misalnya perangkat yang disediakan di warung internet, hotel atau perpustakaan. Sebaiknya, jika memang perlu melakukan aktivitas internet di perangkat publik gunakan fitur Incignito mode.

Fitur ini sangat membantu kamu saat berselancar di internet. Saat masuk kedalam mode ini, kamu tidak perlu mengkhawatirkan data yang tersimpan, bahkan jika kamu lupa menekan tombolĀ log out. Karena pada fitur Incignito mode data seperti email dan password tidak akan tersimpan, fitur ini juga merupakan fitur privasi padasitus web untuk menonaktifkan history dan cache browsing.

  1. Pakai Antivirus

Saat membeli komputer baru, banyak orang khawatir mengenai fitur keamanannya. Kekhawatiran tersebut membuat mereka memasang beberapa aplikasi keamanan sekaligus seperti antivirus dan antispyware. Padahal, hal ini akan membebani kinerja komputer yang berimbas pada performa.

Untuk mengatasi permasalahan semacam itu, saat ini OS seperti Windows 10 sudah menyediakan antivirus bawaan. Namun jika masih terasa kurang, kamu cukup memasang satu antivirus lagi sesuai dengan yang diinginkan.

  1. Selalu update OS dan aplikasi

Ada sejumlah orang yang tidak peduli terhadap versi terbaru OS atau aplikasi yang digunakan pada komputer. Berbagai alasan dituturkan seperti proses update lama hingga kinerja komputer akan menurun.

Menggunakan versi terbaru OS dan aplikasi merupakan salah satu cara untuk membuat komputer tetap aman. Selain terkait dengan keamanan, proses update terutama OS justru akan meningkatkan performa komputer.

  1. Ganti password secara berkala

Mengganti password secara berkala setiap enam bulan hingga satu tahun sekali sangat dianjurkan. Selain itu, sebaiknya gunakan password kuat dengan berbagai kombinasi di dalamnya seperti huruf, angka dan simbol.

Kamu bisa menggunakan aplikasi kalender untuk memberikanpemberitahuan jika sudah saatnya mengganti password. Kamu juga bisa menggunakansejumlah aplikasi password manager untuk mengelola password pada berbagai akunonline.

  1. Backup data dan dokumen penting

Jika kamu sering bekerja secara offline, pasti akan menyimpan data dan dokumen pada drive penyimpanan yang tersedia. Untuk mencegah kehilangan data yang disebabkan berbagai hal, kamu dapat melakukan proses backup.

Saat ini ada banyak layanan cloud seperti One Drive atau Dropbox untuk menyimpan data dan dokumen secara online. Bagi yang jarang terhubung ke internet, bisa menyimpan data-data tersebut pada flashdisk atau hard disk eksternal.

  1. Abaikan pesan spam

Pengguna komputer sering kali menerina pesan berantai berisi promosi atau iklan menarik di berbagai media sosial. Hal ini sangat berbahaya, terutama jika ternyata itu adalah pesan spam. Oleh karena itu, jangan pernahmembuka link di dalam pesan spam tersebut.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan link tersebut asli dan bukan jebakan dari penjahat siber. Gunakan Google untuk memeriksa situs web resmi dari pesan yang diterima. Segera hapus jika ternyata pesan tersebut mencurigakan.

Enam tips di atas dapat kamu terapkan untuk menjaga perangkat kamu tetap aman. Semoga tips ini dapat bermanfaat ya!

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement