Docotel Official Blog
Teknologi Live Video Streaming, Semua Terasa Di Depan Mata 1

Teknologi Live Video Streaming, Semua Terasa Di Depan Mata

Tren live streaming video yang semakin populer belakangan ini dikalangan masyarakat terutama anak muda, semakin membuat dunia sosial media menjadi semakin digandrungi. Setelah konten tulisan, foto lalu video, beberapa

perusahaan media sosial ternama mulai menambahkan fitur live video/live streaming pada produk mereka. Seperti youtube, facebook, juga instagram.

Live streaming adalah konten yang disiarkan secara real-time, bisa berbentuk video atau audio. Jika dulu istilah live streaming lebih dikenal hanya untuk menonton siaran sepakbola secara langsung, kini live streaming bisa anda manfaatkan untuk kegiatan-kegiatan lain seperti hiburan, bahkan menjadi alat  penyampaian berita secara langsung. Umumnya, live streaming dapat disaksikan oleh siapapun tanpa dibatasi jarak.

Anda dapat menyaksikan atau bahkan menjadi orang yang melakukan live streaming dimanapun anda berada. Hanya dengan memakai smarphone anda, serta memiliki koneksi internet yang stabil, anda sudah dapat melakukan live streaming. Apa yang bisa dipublikasikan? Semua. Mulai dari kegiatan anda sehari-hari, berbagi cerita dengan teman-teman di dunia maya, hingga mengabadikan momen-momen penting anda.

Live streaming memang sudah muncul dari beberapa tahun yang lalu, salah satu yang mengawali tren live streaming di Indonesia adalah Cliponyu pada tahun 2014. Cliponyu hadir dengan memadukan konsep tiga media kedalam satu platform, yaitu televisi, radio dan chatting. Meskipun cukup populer saat itu, sayangnya, banyak pula masyarakat yang belum tertarik dengan konsep live streaming yang ditawarkan Cliponyu, masalah perangkat dan kecepatan konseksi internet membuat pandangan masyarakat terhadap live streaming terkesan tidak praktis. Itu menjadi salah satu alasan mengapa konsep live streaming belum ‘meledak’ pada saat itu.

Barulah di tahun 2016, aplikasi live streaming bernama Bigo Live langsung meledak dikalangan masyarakat Indonesia. Aplikasi ini lantas menjadi aplikasi yang sangat diminati anak muda di Indonesia, konten yang disediakan di Bigo Live pun sangat beragam. Mulai dari kegiatan sehari-hari seseorang hingga media untuk menyalurkan bakat mereka. Sayangnya, beberapa waktu lalu Bigo Live sempat tersandung kasus karena banyak dari broadcasternya yang menampilkan konten-konten vulgar berbau pornografi. Komkominfo sampai memblokir DNS dari Bigo Live namun akhirnya dilepas kembali dengan perjanjian untuk tidak menampilkan konten vulgar. Hal ini mereka lakukan semata-mata untuk menjadi broadcaster resmi Bigo Live.

Sebuah platform kenamaan, facebook juga telah meluncurkan fitur live streaming. Awalnya fitur ini hanya dapat dinikmati oleh selebriti yang telah di verifikasi saja, namun pertengahan tahun 2016, facebook live sudah dapat dinikmati seluruh penggunannya termasuk Indonesia. Dan yang baru-baru ini launching adalah Instagram Live. Fitur yang baru rilis pada awal tahun inipun mendapat respon baik dari para pengguna instagram. Teknologi ini dirasa banyak bermanfaat bagi pengguna sosial media, karena melalui teknologi live streaming, semua terasa didepan mata.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement