Docotel Official Blog

Fungsi Unik QR Code

QR Code atau Quick Response Code adalah perkembangan dari kode batang satu dimensi (barcode) menjadi dua dimensi. QR Code memiliki fungsi yang sama degan barcode namun memiliki banyak kelebihan dibandingkan QR Code. Diantaranya adalah, barcode hanya dapat menyimpan dan membaca data alphanumeric (angka dan huruf), namun QR Code dapat menyimpan dan membaca lebih banyak jenis data mulai dari huruf, angka, simbol, kanji dan lainnya. Selain itu kapasitas yang disediakan oleh barcode cukup terbatas namun QR Code menyediakan kapasitas yang lebih besar dan ratusan kali dari barcode. QR Code biasanya dapat anda temukan saat anda ingin menambah teman di aplikasi chat seperti BBM, namun ternyata QR Code juga memiliki fungsi unik lain seperti dibawah ini.

Sebagai pengganti kartu nama

Di era digital ini, berbagai macam teknologi baru terus bermunculan. Siapa sangka QR Code dapat anda gunakan untuk menggantikan kartu nama. QR Code memiliki kelebihan dibandingkan kartu nama biasa yang terletak pada space yang tidak terbatas. Contohnya saat anda memiliki banyak informasi yang ingin lampirkan pada kartu nama anda, namun hal itu terbentur ukuran kartu nama yang tidak lebih dari 10×5 cm. Dengan QR Code, anda dapat melampirkan berbagai informasi mulai dari teks, nomor telepon hingga link yang langsung dapat disimpan digadget. Cara menggunakannya pun cukup mudah, hanya dengan mengarahkan kamera anda ke QR Code dengan menggunaknan aplikasi QR Code reader yang ada di smartphone anda.

Sebagai bahan presentasi

Selain sebagai kartu nama, QR Code juga dapat mmebantu anda saat melakukan presentasi. Saat presentasi, biasanya si pemberi materi akan mencantumkan alamat emailnya beserta link untuk mendownload materi yang baru saja ia sampaika. Lalu audiens akan mencatat alamat email beserta linknya. Dengan menggunakan QR Code, hal tersebut dapat dilakukan cukup dengan memindai menggunakan QR Code reader.

Alat promosi

Kini QR Code juga dapat kita temui di berbagai kemasan prodak baik makanan, minuman atau yang lainnya. Tahukah anda fungsi dari QR Code itu? QR Code yang berada di kemasan produk biasanya berfungsi sebagai alat promosi produk tersebut. Saat anda memindai kode biasanya akan muncul link yang mengantarkan anda ke website dari produk tesebut. Selain digunakan pada produk, QR Code juga dapat digunakan sebagai alat promosi tempat pariwisata dan sebagainya.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed