Docotel Official Blog
Penggunaan Mobile App Indonesia Tertinggi Di Dunia 1

Penggunaan Mobile App Indonesia Tertinggi Di Dunia

Perusahaan analisis dan riset pasar aplikasi mobile, App Annie membeberkan sejumlah fakta menarik seputar perkembangan aplikasi mobile Indonesia. Laporan bertajuk 2017 Retrospective: A Monumental Year for the App Economy yang disusun oleh perusahaan tersebut menyatakan bahwa penduduk Indonesia ternyata tercatat sebagais alah satu pengguna aplikasi mobile palin aktif di dunia, bersaing dengan negara-negara lain seperti Cina, India, Brazil dan Korea Selatan.

Dalam laporan yang sama, Indonesia juga tercatat sebagai negara dengan lama penggunaan aplikasi mobile per harinya.Rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan waktu untuk menggunakan aplikasi mobile sebanyak 250 menit (lebih dari 4 jam) dalam sehari.

Namun, meskipun terbilang tinggi ternyata total durasi penggunaan aplikasi mobile oleh penduduk Indonesia masih belum bisa mengalahkan Cina. Dalam laporan terpisah, App Annie menyebutkan bahwa pengguna perangkat mobile di Cina telah berinteraksi dengan mobile aplikasi selama lebih dari 200 miliar jam pada kuartal keempat tahun 2017. Wow!!

Angka tersebut tak lepas dari jumlah penduduk dan pengguna perangkat mobile di Cina. Menurut kabar, jumlah pengguna perangkat mobile di negeri tirai bambu diperkirakan telah mencapai lebih dari 1 miliar unit, atau kira-kira dari 4,5 kali lipat dari pasar Indonesia.

Di samping unggul dalam urusan durasi pemakaian aplikasi mobile, tingkat pengadopsian aplikasi mobile dikategori keuangan atau mobile banking oleh penduduk Indonesia jugapaling tinggi di dunia.

Dibandingkan dengan tahun 2015, negara kita disebut-sebut mengalami peningkatan tingkat adopsi aplikasi mobile banking hingga mencapai dua ratus persen di tahun 2017. Hal ini mengindikasikan hasilyang positif atas investasi pada sektor fintech dan mobile banking selama dua tahun terakhir.

Dalamhal aplikasi buatan lokal, App Annie setidaknya memperhitungkan tiga nama aplikasi yang sangat dominan digunakan pada tahun 2017. Aplikasi tersebut adalah aplikasi transportasi online dan juga E-commerce. Sangat menarik untuk mengetahui sejauh mana perkembangan aplikasi mobile buatan lokal bisa menjadi tuan rumah di negara sendiri, terutama untuk kategori e-commerce, mengingat aplikasi mobile untuk kategori layanan ini cukup beragam di Indonesia. Baik dari dalam maupun luar negeri. Semoga kedepannya aplikasi buatan Indonesia akan terus berkembang ya!

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement