Docotel Official Blog

Mengenal Co-Marketing (Marketing Kolaboratif)

Mengenal Co-Marketing (Marketing Kolaboratif) 1
Co-Marketing

Marketing terus mengalami perkembangan, yang berarti bahwa para pelaku marketing harus belajar banyak tentang strategi-strategi baru, taktik-taktik baru, dan peristilahan baru sepanjang waktu. Salah satu dari istilah yang mungkin sudah pernah Anda dengar adalah “co-marketing”, yang sebenarnya bukan sebuah istilah baru. Istilah ini hanya tidak banyak dibicarakan.

Tetapi mengapa seperti itu? Alasannya tidak begitu jelas. Mungkin karena co-marketing ini merupakan sebuah wilayah asing dimana para pelaku marketing bertindak lebih seperti pembangun jaringan dan pedagang ketimbang seperti pelaku email marketing, pembuat konten, dan analis data. Terlepas dari itu semua, co-marketing sebenarnya hanya merupakan marketing hubungan (relationship marketing). Dan akan sangat membantu bagi para pelaku marketing hubungan lainnya untuk melihat lebih rinci apa yang dimaksud co-marketing, dan memiliki modal untuk memulainya – bahkan jika Anda tidak memiliki koneksi dengan industri-industri besar.

Co-Marketing dan Co-Branding

Kebanyakan perusahaan telah melakukan ko-branding selama bertahun-tahun. Contohnya, Nike bermitra dengan Apple untuk menghasilkan pengalaman senam dan musik yang luar biasa. Hershey’s bermitra dengan Betty Crocker untuk membuat kue cokelat yang paling lezat yang pernah ada. Kedua perusahaan ini mengkombinasikan produk mereka secara bersama-sama untuk menghasilkan sebuah produk yang lebih bernilai.

Co-marketing sedikit berbeda – Co-marketing membuka peluang bagi kedua brand untuk bekerja sama dalam upaya promosi dengan penawaran yang sudah di-ko-branding. Dalam kemitraan Co-marketing, kedua perusahaan mempromosikan sebuah konten atau produk, dan membagi hasil dari promosi tersebut dengan satu sama lain.

Mengapa sebuah brand turut ambil bagian dalam Co-marketing? Pertama-tama, semua upaya marketing Anda akan berlipat ganda! Pikirkan tentang semua manfaat yang Anda peroleh dari promosi sebuah konten atau sebuah produk baru. Sekarang pikirkan tentang semua manfaat yang akan Anda dapatkan jika ada dua perusahaan yang mempromosikannya. Dan melalui co-marketing, Anda mampu mencapai sebuah audiens baru untuk sebuah brand, audiens yang mungkin tidak dapat Anda capai jika hanya jalan sendiri.

Bentuk-Bentuk Co-Marketing

Co-marketing bisa memiliki banyak bentuk, sebagian lebih besar dan lebih intensif sumberdaya dibanding yang lainnya. Berikut beberapa bentuk Co-marketing yang lebih popular. Silakan pilih yang mana yang tepat buat Anda – bahkan jika terlihat kecil, namun usaha gabungan Co-marketing skala kecil yang terbukti menghasilkan bisa berubah menjadi ko-marketing yang besar.

Artikel blog

Dua brand bisa bersama-sama menulis sebuah artikel blog untuk blog salah satu brand atau untuk blog kedua brand. Mirip dengan penulis tamu di blog, tetapi dengan promosi yang meningkat dan telah disepakati dari masing-masing perusahaan untuk meningkatkan keberhasilannya.

Ebook

Menulis ebook untuk co-marketing bisa memakan waktu yang lebih lama dibanding menulis sebuah konten pendek seperti artikel blog, tetapi investasi waktu yang diberikan sebanding dengan hasilnya. Masa efektif kebanyakan ebook lebih lama dibanding sebuah postingan blog, dan bisa dipromosikan dengan beberapa cara. Ebook yang ditulis bersama bisa dipromosikan oleh kedua brand dan akan memberikan lebih banyak manfaat bagi kedua belah pihak.

Infografik

Jika topik yang sedang Anda garap bersama akan berfungsi baik dalam bentuk infografik, maka ini akan menjadi opsi yang sangat baik untuk membuat sebuah bentuk konten yang dapat disharing dengan mudah. Ini khususnya sangat berguna jika mitra co-marketing Anda memiliki skill desain yang lebih bagus daripada Anda. Mungkin Anda mengerjakan bagian penggandaan, mereka melakukan desain, dan kedua belah pihak bekerja sesuai kekuatannya.

Video

Apakah perusahaan Anda, atau sebuah perusahaan yang Anda tahu, membuat video-video singkat yang sangat menarik? Jika demikian, ini bisa menjadi cara lain yang sangat baik untuk membuat kontek menarik dengan mitra co-marketing. Buatlah sebuah vidoe pendek yang menjelaskan atau membahas sebuah topik yang menarik bagi audiens perusahaan Anda serta audiens perusahaan mitra co-marketing Anda. Video pendek bisa dipromosikand i banyak tempat mulai dari channel Youtube, Facebook, sampai ke blog masing-masing.

Webinar (Seminar Online)

Webinar merupakan sebuah presentasi ko-branding yang dilakukan online ke pada audiens yang juga online. Webinar sering paling berhasil ketika menjelaskan sebuah topik yang menyangkut banyak audiens atau ingin diketahui banyak audiens.

Mensponsori Kegiatan

Mensponsori sebuah makan malam, pesta, atau sebuah event di sebuah pertemuan bisa membantu menarik lebih banyak kontak dibanding jika hanya satu perusahaan yang mempromosikannya.

docobot

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed