Docotel Official Blog
Mengapa Harus Beralih ke Security Key? 1

Mengapa Harus Beralih ke Security Key?

Umumnya penggunaan kata sandi (password) adalah sebagai upaya pengamanan akun agar terhindar dari pencurian data. Namun, seiring dengan berjalannya waktu maka kata sandi bisa diketahui oleh orang terdekat dan juga tidak menutup kemungkinan bahwa akun tersebut bisa di akses oleh orang terdekat yang sudah mengetahui kata sandi tersebut. Di era sekarang, jika kata sandi kita diketahui oleh orang lain maka muncul kemungkinan bahwa akun kita bisa disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab baik secara daring di dunia maya (online) ataupun untuk kejahatan secara langsung di dunia nyata (offline). Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi adanya pencurian data dari akun yang dimiliki, yaitu;

  1. Tidak menggunakan kata sandi yang sama untuk berbagai platform.
  2. Mengubah kata sandi secara berkala.
  3. Gunakan kata atau kalimat yang hanya kita ketahui atau mengerti.
  4. Aktifkan 2FA (Two Factor Authentication).
  5. Jangan tinggalkan nomor kartu kredit/debit/dompet elektronik di situs perbelanjaan.
  6. Waspada terhadap phishing.
  7. Hindari untuk membuka atau mengakses link yang di terima dari SMS dengan iming-iming menang kejutan/undian.
  8. SMS yang dikirimkan oleh institusi atau perusahaan besar, akan di kirim dengan nama pengirim adalah nama institusi atau perusahaan tersebut bukan dengan nomor telepon biasa.

Maraknya pencurian data di era digital seperti sekarang, membuat banyak platform yang menggunakan 2FA (Two Factor Authentication) sebagai upaya agar pemilik akun merasa lebih aman dengan akunnya di platform tersebut. 2FA umumnya menggunakan SMS, telepon, ataupun aplikasi lainnya seperti WhatsApp atau e-mail. Jika melalui SMS atau telepon, maka pemilik akun yang mengajukan permintaan verifikasi ini perlu memastikan adanya saldo pulsa karena akan terpotong otomatis oleh provider. Namun tahukah kamu bahwa sudah ada alat pendukung 2FA yang lebih mudah secara penggunaan dan juga murah secara pengeluaran? alat pendukung ini adalah security key.

Kenapa security key bisa lebih aman dari kata sandi?

Mengapa Harus Beralih ke Security Key? 2
(sumber foto: freepik)

Alasan utama mengapa security key bisa lebih aman dibandingkan kata sandi adalah karena security key dilengkapi dengan sistem dan protokol pemograman yang lebih rumit sehingga apabila peretas sedang berusaha untuk peretasan akun atau pencurian data, maka akun atau device tidak bisa langsung di retas karena pemograman yang lebih rumit dikarenakan penggunaan security key. Selain itu juga karena keamanan yang lebih tinggi ini, maka bisa mencegah phishing yang kerap terjadi di era digital seperti sekarang.

Dengan sistem keamanan yang dimiliki oleh security key ini, maka proteksi suatu akun guna mecegah adanya pencurian data atau peretasan akun, bisa dihindari lebih awal. Intinya, apabila suatu akun di akses oleh pemilik ataupun orang lain tanpa adanya sambungan dari security key maka akun tidak bisa di akses. Selain sistem keamanan yang lebih baik, security key ini juga sangat mudah digunakan tanpa baterai atau sambungan kabel dan bisa digunakan tanpa konektivitas sehingga kapan pun diperlukan maka security key hanya tinggal disambungkan dengan akun atau device yang dimiliki. 

Security key, benarkah lebih mudah?

Tentunya dengan penggunaan yang mudah dan juga tidak memerlukan sambungan kabel atau tanpa konektivitas apa pun akan lebih memudahkan penggunanya. Seperti yang sudah diketahui bahwa untuk mengakses suatu akun diperlukan adanya sambungan koneksi internet dan hal yang sama juga berlaku untuk mengajukan permintaan OTP sebagai bentuk 2 faktor autentikasi (2FA) di mana OTP akan memotong saldo pulsa saat proses pengajuan. Sedangkan ketika menggunakan security key, tidak perlu adanya konektivitas interet ataupun pulsa dan sejenisnya karena security key hanya tinggal disambungkan antara device dengan security keyang dimiliki.

Kesimpulan

Security key akan memudahkan kamu dalam menjaga keamanan akun sehingga kamu tidak perlu lagi mencemaskan adanya pencurian data ataupun penggunaan akses dengan tujuan negatif yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga : Keuntungan Menggunakan Security Key.

Tentang Docotel

Docotel 4.0 Terdiri dari tim yang berdedikasi dan berpengalaman dalam menyediakan produk dan solusi di bidang IT yang dibutuhkan oleh klien dari berbagai bidang. Docotel 4.0 hadir dengan visi menjadi problem solver dan menciptakan pengalaman terbaik bagi klien.

Zatira Chairunnisa

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement