Docotel Official Blog
Instagram Bakal Menyaingi YouTube? 1

Instagram Bakal Menyaingi YouTube?

Belum lama ini Instagram mengeluarkan fitur terbarunya, yaitu Instagram TV atau IGTV. Dengan adanya IGTV, maka memungkinkan kamu untuk menonton dan mengunggah video dengan durasi lebih panjang dibandingkan Instagram Story yang hanya berdurasi 15 detik.

Instagram Bakal Menyaingi YouTube? 2
Gambar : Welcome to IGTV

Dengan adanya IGTV sepertinya Instagram akan menyaingi paltform YouTube yang sudah lebih dulu menjadi platform video streaming. IGTV ini berfokus pada video square dan vertikal yang memudahkan kamu untuk menonton video. Oh ya, pada IGTV ini kamu juga bisa mengatur channel yang ingin ditonton dari akun Instagram yang kamu follow. Asyik, ya!

Tidak hanya sebagai sebuah fitur, IGTV juga hadir sebagai aplikasi dengan format video vertikal yang dapat diunduh pada iOS dan Android. Seperti dilansir Liputan6.com, Selasa (26/06/2018), CEO Instagram Kevin menyebutkan bahwa aplikasi ini dirancang untuk memudahkan pengguna mencari dan menonton video di smartphone. Ia memahami kebanyakan aplikasi video streaming menuntut pengguna untuk mencari via direktori, berbeda konsep dengan TV yang tinggal dinyalakan dan langsung bisa ditonton dengan duduk manis. Oleh karena itu, IGTV mengambil konsep semudah menonton TV.

Munculnya IGTV dengan konsep khasnya membuat banyak orang berpendapat kalau Instagram akan merebut pasar YouTube, tapi sepertinya nggak, ya. Kemunculannya hanya akan menambah platform video baru saja, karena sebetulnya YouTube juga support video vertikal.

Namun, yang menarik adalah IGTV ini jadi tantangan tersendiri nih bagi kreator untuk membuat video vertikal. Perlu diingat, video berdurasi agak panjang dengan format vertikal sepertinya akan membuat kurang nyaman bagi beberapa orang.

Lepas dari segala kemungkinan yang akan dirasakan pengguna, inovasi-inovasi yang disuguhkan instagram sering mengejutkan. Sepertinya Instagram ingin penggunanya tidak perlu membuka banyak aplikasi, melainkan cukup dalam satu platform sudah tersedia semuanya. Kece!

yopi saputra

yopi saputra

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed