Docotel Official Blog
Apa Itu Perangkap "Clickbait" ?? 1

Apa Itu Perangkap “Clickbait” ??

Jika anda pengguna aktif sosial media, pasti anda sudah sering menemukan artikel yang tersebar di berbagai sosial media dan menggunakan judul yang terkesan “heboh”, namun setelah dibuka ternyata artikel tersebut tidak berhubungan dengan judul yang digunakan. Mungkin artikel itu termasuk clickbait.

Apa itu clickbaitClickbait adalah istilah yang merujuk kepada artikel atau konten web yang memiliki judul yang hiperbola atau dilebih-lebihkan, dan kebanyakan tidak sesuai dengan apa yang dijelaskan pada konten tersebut. Clickbait berperan sebagai “umpan” dengan mengandalkan rasa penasaran anda sebagai pembaca untuk memancing anda mengunjungi website mereka dengan mengorbankan kualitas serta akurasi berita yang disampaikan. Ironisnya, Clickbait terbukti efektif untuk meningkatkan trafik, pengunjung, atau pageviews.

Selain artikel yang tidak berhubungan dengan judul, artikel yang disajikan juga tidak sesuai fakta, dan tidak memiliki data yang cukup untuk dipertanggungjawabkan, bahkan tak jarang berisi pandangan pribadi yang subjektif. Oleh karena itu artikel atau konten dengan judul Clickbait bisa dikategorikan sebagai salah satu pencetus berita HOAX. Tak jarang orang yang membaca merasa tertipu dengan artikel tersebut, dan menyebutnya “artikel sampah”. Faktanya,  hampir semua media pernah melakukan trik ini demi meningkatkan trafik mereka, tak terkecuali media-media besar sekalipun.

Jika diperhatikan lebih dalam, kesadaran masyarakat terhadap membaca masih sangat rendah. Masyarakat dengan mudah terjebak kedalam judul clickbait berulang-ulang, dan mereka langsung dapat menyimpulkan, berkomentar hingga menyampaikan kritik pedas terhadap sesuatu hanya dari membaca judulnya saja. Tak jarang mereka langsung membagikan artikel tersebut sebelum membaca isinya. Ini adalah salah satu alasan mengapa berita HOAX menjadi sangat cepat menyebar di kalangan masyarakat.

Apa Itu Perangkap "Clickbait" ?? 2
nativeadvertising.com

Lalu, apa clickbait adalah sesuatu yang salah? Sebenarnya tidak, clickbait termasuk salah satu strategi marketing. Namun, seringkali disalahgunakan untuk meningkatkan profit. Anda sebagai pembaca harus pintar membedakan mana clickbait yang positif dan negatif. Ciri-ciri clickbaitnegatif antara lain judul terlalu bagus bahkan terkesan mustahil untuk menjadi kenyataan, hiperbola, terlalu heboh, memicu kontroversi. Seperti:

  • Ini tips mendapatkan ratusan juta dalam sehari
  • Astaga! Ternyata buah ini berbahaya jika di konsumsi!

Bagian yang di tebalkan memperlihatkan bagaimana clickbait bekerja, kata-kata tersebut seringkali digunakan untuk mengundang rasa penasaran pembaca. Lalu, bagaimana cara menghindari clickbait? Sebagai pembaca, pastikan anda harus membaca dengan baik judulnya sebelum anda meng-klik berita atau artikel tersebut, jangan sembarang meng-klik jika terkesan berlebihan, kenali juga medianya, periksa kebenarannya, dan bentengi diri anda dari berita-berita yang tersebas luas di media sosial.

Apa Itu Perangkap "Clickbait" ?? 3
blog.terminologiaetc.it

Pada akhirnya, sikap Anda lah yang menjadi penentu kapan akhir dari perjalanan clickbaitnegatif ini. Media sebagai pemberi informasi hanya memberikan apa yang anda inginkan. Jika anda masih saja gemar mengkonsumsi artikel dan berita-berita clickbait maupun hoax, media akan terus menyediakan berita-berita seperti itu kepada anda.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed