Docotel Official Blog
tanda tangan elektronik

3 Manfaat Tanda Tangan Elektronik untuk Industri Perbankan dan Keuangan

Pada era perdagangan bebas saat ini, hal yang berkaitan dengan perbankan dan keuangan dituntut untuk bergerak lebih cepat, artinya penggunaan kertas untuk kebutuhan legalitas dokumen juga semakin banyak. Dilain sisi, keadaan alam semakin memprihatinkan serta adanya kebijakan untuk mengurangi penggunaan kertas membuat hal tersebut tidak sejalan. Oleh karena itu, tanda tangan elektronik untuk perbankan dan keuangan merupakan solusi yang tepat.

Teknologi tanda tangan elektronik memungkinkan transaksi core-banking diproses lebih cepat. Sebagai contoh kasus, seseorang yang ingin mengajukan pinjaman tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan tanda tangan dari pejabat yang berwenang untuk memproses dokumen peminjamannya. Tidak hanya itu, manfaat lain juga akan didapat lembaga perbankan dan keuangan jika menerapkan teknologi tanda tangan elektronik ini pada sistem lembaganya.

Manfaat Tanda Tangan Elektronik untuk Industri Keuangan

1. Meningkatkan efisiensi sumber daya dan waktu

Hadirnya tanda tangan elektronik dalam sistem perbankan maupun keuangan membuat kita tidak perlu lagi mencetak, memindai, memposting dokumen serta menunggu dokumen ditandatangani dan dikirimkan. Sumber daya dan waktu yang biasa digunakan untuk proses tersebut dapat dipangkas sehingga akan lebih efisien.

2. Menghasilkan dan menyimpan lebih banyak uang

Banyak hal yang dapat dihemat dan dihasilkan dengan percepatan proses perbankan melalui teknologi tanda tangan digital. Melalui digitalisasi proses pinjaman serta transaksi OTC (over the counter),  memberi lembaga kapasitas yang dibutuhkan untuk fokus mengembangkan protofolio pinjaman mereka. Selain itu, sistem tanda tangan digital juga membuat semua dokumen yang butuh ditanda tangani menunggu sesuai urutannya sehingga lembaga tidak perlu mencatak ulang dokumen. Hal tersebut dapat menghemat biaya yang dialokasikan untuk alat tulis. Meningkatkan keamanan

3. Meningkatkan keamanan

Menggunakan kertas untuk mendokumentasikan sebagian besar proses perbankan maupun keuangan dapat memberi celah terhadap pemalsuan dokumen. Namun hal itu tidak akan terjadi jika lembaga perbankan dan keuangan menggunakan tanda tangan elektronik. Perbankan digital menawarkan lebih banyak keamanan pada dokumen dan memberikan jaminan bahwa tanda tangan itu milik orang yang tepat.

Kesimpulan

Perbankan dan lembaga keuangan sedang berupaya mengurangi dan melihat ke arah digitalisasi. Dianjurkan untuk menggunakan tanda tangan elektronik yang memenuhi tujuan bisnis dan dapat membantu dalam operasi sehari-hari. Tanda tangan elektronik untuk perbankan menunjukkan bahwa perbankan ingin tetap terdepan dengan mengenali dan mengadopsi tren teknologi yang muncul.

Baca Juga : Hati-hati, Kurang Bijak Bermain Instagram Bisa Kena Shadow Banned!

Tentang Docotel

Docotel 4.0 Terdiri dari tim yang berdedikasi dan berpengalaman dalam menyediakan produk dan solusi dibidang IT yang dibutuhkan oleh klien dari berbagai bidang. Docotel 4.0 hadir dengan visi menjadi problem solver dan menciptakan pengalaman terbaik bagi klien.

Dedy Surya

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed