Docotel Official Blog

19 Cara Ampuh Memperluas Jangkauan Sosial

pada halaman-halaman landing, cara-cara yang digunakan untuk mendatangkan calon pelanggan terkadang masih kurang. Tetapi Anda bisa meningkatkan penarikan calon pelanggan potensial di media sosial jika Anda melakukan satu hal dengan sangat baik, yaitu: meningkatkan jangkauan media sosial. Bagaimana Anda melakukan ini? Tulisan ini akan menyajikan 19 taktik jitu yang perlu selalu dipertimbangkan untuk meningkatkan jangkauan sosial Anda.

1) Memasang tombol sharing dan follow pada semua konten

19 Cara Ampuh Memperluas Jangkauan Sosial 1

Tidak jadi masalah apakah material marketing Anda online atau offline, pemasangan sebuah bentuk dorongan untuk melakukan tindakan sosial yang menyebabkan orang-orang tahu dimana mereka bisa menemukan Anda di media sosial, sangatlah penting. Perlu dingat, Anda memerlukan tombol sharing sosial, dan tombol follow sosial. Ini memungkinkan orang-orang untuk membagikan konten Anda, dan/atau mengikuti Anda di media sosial. Keduanya sangat penting untuk memperluas jangkauan sosial Anda. Pertimbangkan untuk memasang tombol-tombol seperti mulai dari hamalan depan website dan tulisan blog, sampai pesan-pesan email marketing dan konten-konten cetak.

2) Memastikan tombol sharing dan follow terlihat pada versi mobile website

19 Cara Ampuh Memperluas Jangkauan Sosial 2

Orang selalu menggunakan perangkat mobile mereka ketika ingin mengecek perusahaan-perusahaan baru dan yang menarik. Dan biasanya pada sela-sela waktu, orang-orang biasanya lebih memilih menggunakan perangkat mobile untuk mengakses media sosial. Sehingga penting agar tombol follow dan sharing mudah ditemukan pada aset marketing Anda jika memang Anda menginginkannya untuk diakses dari sebuah perangkat mobile. Dengan begitu, akan jauh lebih mudah untuk mem-follow atau membagikan konten Anda.

3) Adaptasikan konten Anda dengan jejaring sosial

19 Cara Ampuh Memperluas Jangkauan Sosial 3

Apa yang Anda katakan di media sosial seperti Twitter haruslah singkat dan menarik. Mudah ditangkap dalam bentuk kalimat. Apa yang Anda katakan di Facebook? Di Facebook, Anda memiliki lebih banyak ruang untuk berekspresi. Akan lebih mudah bagi orang-orang untuk melihat sebuah media visual dibanding pada Twitter – begitu juga dengan Google+. Akan tetapi, LinkedIn memiliki kelebihan dari sebuah link ke aset konten yang lebih mendalam, yang menampilkan ikhtisar dari konten itu sendiri. Setiap jejaring sosial memiliki perbedaan masing-masing. Perlakukan konten yang anda posting di masing-masing media sosial sesuai dengan karakteristik masing-masing media sosial sehingga konten Anda memiliki kemungkinan besar untuk terbesar.

4) Adaptasikan konten Anda dengan karakteristik publik

Karena jejaring sosial Anda memiliki sebuah ‘kepribadian’, begitu juga dengan orang-orang yang menjadi tujuan konten yang Anda posting. Pertimbangkan untuk melakukan penyesuaian dengan audiens Anda untuk memahami konten apa yang paling tersebarkan. Ini adalah sesuatu yang dapat membantu Anda dalam mengukur penyebaran konten dari waktu ke waktu. Sebagai contoh, Anda mungkin menemukan bahwa audiens Anda di Facebook menyukai ketika Anda membagikan konten yang lucu tentang Topik X, tetapi audiens Anda di LinkedIn lebih senang ketika Anda memposting konten yang mendidik tentang Topik Y. Penggunaan topik dan nada yang tepat untuk konten Anda berdasarkan karakteristik audiens akan membantu Anda untuk menyebarkan konten-konten Anda kepada audiens-audiens baru.

5) Sering merespon penggemar dan follower

Salah satu cara terbaik untuk menambah jumlah audiens adalah mengembangkan sebuah komunitas suka berinteraksi. Mengapa? Karena semakin sering basis follower Anda berkomunikasi secara publik, maka semakin banyak akses yang diperoleh eksistensi sosial Anda. Tidak hanya itu, ketika Anda mempertimbangkan bagaimana algoritma EdgeRank Facebook bekerja, postingan yang mendapatkan interaksi paling banyak akan mendapatkan akses paling banyak dalam News Feed. Posting konten yang ingin diperbincangkan orang, dan arahkan percakapan dengan respons Anda juga.

6) Berinteraksi dan terlibat dengan orang-orang di media sosial yang belum mem-follow Anda

Keterlibatan/interaksi merupakan tahapan pertama untuk membangun hubungan dengan jaringan Anda, tetapi juga dengan orang-orang yang belum terhubung dengan Anda. Jika Anda ingin menumbuhkan jangkauan Anda, sebuah pengenalan alami akan terjadi melalui interaksi. Itu akan berarti bahwa me-retweet seseorang yang baru di Twitter, membagikan update status Facebook perusahaan besar lainnya, atau terlibat dalam sebauh diskusi pada kelompok LinkedIn perusahaan atau orang lain.

7) Upayakan profil media sosial tetap up to date

Ketika ada indikasi bahwa tak seorangpun yang telah ‘menyentuh’ profil sosial Anda dalam berbulan-bulan, maka itu tidak akan memberikan alasan bagi seseorang untuk mem-follow Anda. Tetaplah terbaharui, tetaplah aktif, dan lakukan kreasi sehingga orang-orang memiliki alasan untuk kembali. Sebagai contoh, buatlah bisnis anda sebagai salah satu dari perusahaan yang memposting foto-foto profil mengagumkan di Facebook. Menjaga agar orang-orang tetap betah tidak hanya membantu mencegah penggemar/follower tetap tinggal, tetapi juga akan memberikan alasan baru bagi orang-orang untuk membagikan dan mem-follow profil-profil Anda juga.

8) Targetkan audiens Anda melalui iklan berbayar

Situs-situs jejaring sosial benar-benar telah menjadi sebuah media istimewa dengan opsi periklanan berbayar yang ditawarkan. Facebook khususnya telah melakukan kerja yang bagus dengan meningkatkan kemampuan segmentasinya sehingga brand-brand yang memiliki sedikit anggaran bisa meningkatkan jangkauan mereka. Jika Anda memiliki sejumlah anggaran – baik sedikti maupun banyak – pertimbangkan untuk beriklan berbayar yang dapat mendatangkan lebih banyak penggemar dan follower.

9) Pertimbangkan titik-titik waktu dimana Anda memposting di media sosial

TItik-titik waktu dimana Anda memposting di media sosial sangat mempengaruhi interaksi yang akan Anda dapatkan. Dan interaksi yang dipengaruhi tersebut berarti akan mempengaruhi jangkauan sosial. Cari tahu saat-sat yang paling baik untuk memposting kepada audiens Anda.

10) Newsjack di media sosial

19 Cara Ampuh Memperluas Jangkauan Sosial 4

Newsjacking merupakan praktik menunggangi gelombang popularitas dari sebuah event terbaru untuk mendapatkan keuntungan bisnis. Jika sesuatu menjadi sangat populer, jadilah orang pertama yang membicarakannya di media sosial. Hal tersebut akan menempatkan Anda sebagai sumber informasi yang harus diikuti oleh orang-orang jika mereka ingin tetap terhubung dengan sumber informasi.

11) Mengadopsi fitur media sosial baru begitu diluncurkan

Pinterest, Vine, Facebook ads, merupakan applikasi dan fitur jejaring sosial yang memiliki potensi untuk membuat marketing di media sosial semakin efektif. Anda mungkin merasa bahwa peluncuran fitur-figur baru ini hanya buang-buang waktu dan tidak benar-benar membantu baik dalam interaksi, pengarahan calon pelanggan, atau indikasi lainnya. Tetapi Anda mungkin menemukan setidaknya beberapa dari fitur tersebut benar-benar membantu. Jika Anda memperlakukan fitur-fitur ini sebagai marketer yang cerdas, maka tidak dibutuhkan waktu dan tenaga yang banyak untuk menentukan kelayakan dari semua fitur baru tersebut.

12) Membuat media visual untuk digunakan di saluran-saluran media sosial

Media-media visual sangat populer di media sosial, khususnya Pinterest, Facebook, dan Google+, semuanya memiliki antar-muka yang mendukung konsumsi konten visual. Pada kenyataannya, Simply Measured melaporkan bahwa hanya satu bulan setelah diperkenalkannya Facebook Timeline, konten visual mengalami peningkatan interaksi 65%. Dan seperti yang kita tahu, peningkatan interaksi berarti peningkatan visibilitas.

13) Mewadahi cahat-chat Twitter

Twitter mengalami masalah volume. Ada banyak konten yang berasal dari banyak tempat berbeda, dan sulit untuk bisa didengar atau ditemukan diantara konten-konten yang ramai itu. Itulah sebabnya mengalam chat-chat Twitter merupakan taktik yang sangat baik untuk meningkatkan jangkauan Anda. Chat-chat Tiwtter memiliki hastag (tanda pagar) spesifik yang membantu para partisipan dan tweeter lain mencari topik tertentu. Dengan mengakomodasi sebuah topik dengan hashtag (tanda pagar), Anda akan mendapatkan visibilitas yang tinggi.

14) Membuat hastag untuk untuk even apapun yang Anda adakan, dan pastikan semua peserta mengetahui hastag tersebut

Tidak jadi masalah apakah Anda melakukan sebuah acara untuk 20 orang atau 2000 orang, penting untuk menggunakan sebuah hastag (tanda pagar) di twitter sehingga para peserta bisa terhubung satu sama lain dan mempromosikan konten Anda. Para peserta di acara-acara ini merupakan salah satu cara terbaikl untuk mendapatkan jangkauan media sosial yang lebih besar karena mereka sering me-tweet tentang acara-acara banyak kali, yang secara simultan mempromosikan acara tersebut dan perusahaan Anda kepada followernya sendiri. Plus, seperti halnya chat Twitter, volume tweet membantu Anda mendapatkan visibilitas pada stream twitter yang ramai.

15) Menginisiasi program blog tamu

Bukankah dengan menjadi penulis tamu di blog orang tidak akan membantu blog kita masing-masing? Memang iya, tetapi tindakan ini juga mengantarkan konten Anda ke hadalan audiens yang lain.

Ini berarti bahwa ketika Anda menjadi penulis tamu di website lain, pembaca akan melakukan sharing di twitter yang menyebutkan akun twitter Anda dan mengatakan bahwa Anda menulis tulisan blog yang sangat menarik. Nah sekarang para audiens website dimana Anda menulis akan mengenal Anda, dan ketika partner blog tamu Anda saling berbalas, Anda bisa memastikan bahwa audiens mereka juga akan mendengar tentang semua tulisan blog yang Anda buat.

16) Bermitra dengan organisasi-organisasi lain untuk mencapai list media sosial mereka

Sama seperti menulis blog tamu, apabila Anda bermitra dengan organisasi lain yang saling melengkapi – ini merupakan salah satu contoh ko-marketing – Anda bisa membantu satu sama lain untuk memperluas jangkauan masing-masing. Jika pengembangan jangkauan merupakan sebuah prioritas untuk setiap kemitraan ko-marketing Anda, maka pertimbangkan membuat sebuah kalender konten yang terdiri dari item-item yang bisa diromosikan mitra Anda untuk kepentingan Anda, yang juga relevan bagi audiens mereka, untuk membantu menumbuhkan jangkauan Anda.

17) Adakan kontes atau perbanyak eksistensi sosial Anda mendorong follow

Seringkali, sebuah kompetisi kecil-kecilan adalah sesuatu yang dibutuhkan orang-orang untuk tertarik pada sebuah brand di media sosial. Sekarang, berbagai jejaring sosial memiliki aturan berbda untuk mengadakan kontes, sehingga pastikan Anda membaca ketentuan layakan pada masing-masing situs jejaring sosial secara menyeluruh. Tetapi sebuah permainan bebas atau kontes merupakan taktik yang sangat baik untuk meningkatkan jangkauan Anda.

18) Memposting sesuatu yang baru setiap hari

Ini mungkin tampak sulit, tetapi selalu ada sesuatu yang bisa Anda katakan, konten yang bisa Anda buat, dan orang yang bisa Anda berinteraksi dengannya. Postingan yang dianggap keren hari ini belum tentu masih dianggap seperti itu besok. Pertahankan eksistensi Anda tetap segar, lakukan update beberapa kali setiap hari, dan lakukan itu pada semua jejaring yang Anda miliki untuk menjaga agar jangkauan Anda tetap tumbuh.

19) Membuat konten berkualitas tinggi

Inilah yang menjadi inti dari segalanya. Brand-brand di luar sana dengan jangkauan sosial yang menakjubkan kemungkinan melakukan banyak hal dalam postingan ini. Tetapi mereka semuanya memposting konten yang sangat berkualitas tinggi. Dan mereka melakukannya sepanjang waktu. Tidak jadi masalah trip Apa yang telah Anda lakukan, pastikan memulai dengan konten yang berkualitas terlebih dahulu. Inilah yang ingin dikonsumsi orang-orang sendiri dan ingin dibagi dengan orang lain.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed