Docotel Official Blog

10 Kesalahan Dasar Pada SEO yang Harus Dihindari

Anda memiliki sebuah situs web dan Anda ingin orang melihat itu. Masalahnya adalah, Anda memiliki banyak sekali kompetitor. Jika world wide web adalah sebuah pantai, maka alamat situs adalah butiran pasir.

Jadi bagaimana Anda memastikan bahwa target customer Anda menemukannya? Menghindari 10 kesalahan pada SEO ini adalah awal yang bagus:

1. Perhatian Yang Diberikan Untuk Konten Terlalu Kecil

Coba pikirakan kebiasaan Anda saat mencari sesuatu. Saat Anda sedang mencari, seberapa sering Anda melihat halaman 2 atau 3 dari hasil pencarian? Tepat. Itu mengapa SEO dan konten yang Anda tempatkan di website sangat penting.

2. Hanya Memberikan Fokus Kepada SEO

Kembali pada hari ketikan mendapatkan peringkat pencarian tertinggi adalah sesederhana seperti memiliki kata kunci yang tepat dalam konten Anda. Lalu semakin Anda sebutkan kata kunci, maka semakin baik. Kemudian maju ke hari ini dan memenuhi konten dengan kata kunci akan membuat Anda ditendang ke bawah peringkat. Google telah belajar konteks – dan menghargai situs yang menghasilkan konten berkualitas dan menjawab permintaan pencarian para pengguna.

3. Tidak Memikirkan Pembaca Anda

Sangat penting untuk berpikir tentang jenis pembaca yang akan mengunjungi websiteAnda. Apa yang mereka inginkan? Apa yang mereka cari? Masalah apa yang mereka butuhkan untuk dipecahkan? Itu semua patut menjadi perhatian Anda.

Google dan apa pun dari mereka adalah fenomenal yang bisa memastikan apakah konten Anda sesuai untuk sebuah pencarian. Jadi berpikirlah tentang apa yang pembaca Anda cari dan bingkai konten Anda sebagus mungkin.

4. Plagiat Konten

Mencuri konten dari website lain tanpa izin mereka adalah ilegal. Lalu Anda akan mendapati peringkat pencarian anda tenggelam seperti jangkar ke dasar laut. Dalam kasus ekstrim seluruh situs Anda bisa dikeluarkan dari indeks pencarian, sehingga mustahil untuk menemukan situs Anda melalui pencarian.

5. Duplikat Konten

Ini berarti mempunyai konten yang sama pada halaman yang berbeda di website Anda. Google tidak menyukai itu. Jadi, Anda harus lebih kreatif.

6. Mengabaikan Tag

Tag yang Anda punya akan membantu search enginie dan pembaca tentang apa isi halaman Anda. Tag akan muncul pada halaman hasil pencarian dan pada tab browser pembaca Anda.

7. Membuat Navigasi Yang Terlalu Rumit

Tidak perlu dikatakan lagi bahwa pengguna web ingin website yang jelas, logis dan mudah untuk diklik. Tapi apakah Anda tahu Google lebih memilih navigasi yang sederhana juga? Itu memudahkan robot pencarian untuk menjelajah dan mengindeks konten Anda, sehingga ada lebih banyak kesempatan dari situs Anda untuk ditampilkan dalam hasil pencarian.

8. Tidak Mengoptimisasi Untuk Mobile

Google baru-baru ini meluncurkan salah satu perubahan terbesar untuk algoritmanya. Singkatnya, sekarang  website yang dioptimalkan untuk perangkat mobile seperti tablet dan smartphone akan lebih diutamakan. Mudahnya seperti ini, jika website pesaing Anda sudah mobile friendly dan Anda tidak, mungkin bukan website Anda yang mendapat klik.

9. Melupakan Tentang Optimisasi SEO Pada Gambar

Robot pencari Google memang sangat pintar, tetapi mereka tidak mempunyai mata. Berikan konten gambar Anda – sebagai contoh, saat Anda menampilkan foto kursi gunakanlah nama kursi.jpg daripada img21312.jpg – dan gunakan teks untuk menjelaskan tentang apa gambar tersebut. Memang sebuah gambar itu bisa menyampaikan seribu kata. Tetapi, penjelasan singkat akan membuat itu lebih baik.

10. Terobsesi Kepada Jumlah Traffic

Jika Anda menjalankan sebuah toko sepatu, tentu Anda tidak akan mau toko Anda hanya dipenuhi olah orang-orang yang tidak punya keinginan untuk membeli sepatu. Hal tersebut berlaku juga secara online. Menarik besarnya jumlah pengunjung tidak boleh menjadi tujuan Anda. Tujuan dari permainan ini adalah untuk menarik suatu jenis pengunjung – yaitu audiens target Anda. Jagalah konten Anda tetap relevan dengan produk Anda, layanan dan masalah audiens Anda.

Teruskan Pekerjaan Baik Anda

Semua selesai? Bagus. Sekarang Anda hanya perlu tetap menjaga SEO Anda. Memonitor linkyang rusak, menjaga konten Anda segar dan diperbarui dan menganalisa untuk melihat halaman yang bekerja dengan baik atau tidak bekerja dengan baik. SEO tidak rumit, Anda hanya harus berkomitmen untuk menjalankannya. Dan ketika Anda melakukannya, Anda akan dihargai dengan peringkat pencarian yang lebih baik. Semua tergantung Anda.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement