Docotel Official Blog

Tips Membangun Link Website

Membangun link website untuk optimisasi mesin pencari (SEO) bukanlah pekerjaan yang mudah. Ada banyak teknik dan metode dengan hasil yang bervariasi pula. Berikut ini disajikan sejumlah tips untuk memulai dan menguasai cara membangun link. Secara garis bebas, ada 4 tingkatan untuk menguasai ilmu membangun link ini. Dan biasanya dibutuhkan waktu 4 tahun untuk menguasainya.

Level 1: Link yang Bisa Dibangun Sendiri dengan Sedikit Investasi Waktu

Sebelum membahas lebih lanjut tentang ini, perlu ditekankan bahwa Anda harus memiliki strategi keyword yang sangat baik dan memastikan bahwa anda telah mengoptimasi setiap halaman di website Anda seputar sebuah frase kata kunci yang berbeda. Setiap link yang Anda bangun harus dirancang untuk membantu agar ranking halaman tertentu tinggi di mesin pencari untuk keyword tertentu.

Dengan kata lain, kumpulan link pertama yang harus didapatkan oleh setiap bisnis adalah link yang tidak memerlukan bantuan orang lain. Ada banyak direktori bisnis yang bisa Anda tempati untuk memasukkan URL Anda, nama perusahaan, dan deskripsi tentang bisnis Anda. Beberapa diantaranya memerlukan persetujuan. Beberapa lagi memerlukan biaya. Direktori Yahoo, Joe Ant, Aboutus.org merupakan beberapa contoh yang patut dicoba. Di level 1 ini, ada banyak situs media sosial yang bisa Anda gunakan untuk membangun link ke website Anda. Kebanyakan diantaranya tidak lagi melewati kredit SEO, tetapi masih cukup baik untuk link website, dengan asumsi bahwa audiens target anda mengunjungi website Anda atau situs-situs ini memiliki ranking yagn tinggi untuk keyword yang Anda targetkan.

Tidak perlu mempekerjakan orang untuk melakukan tugas ini bagi Anda. Pekerjaan ini termasuk level rendah yang juga menghasilkan keuntungan rendah. Pastikan untuk tidak mempekerjakan sebuah perusahaan yang menjanjikan 1.000 link dengan harga mahal.

Level 2: Link yang Anda Bangun Sendiri namun Memerlukan Upaya

Sebelum membahas level ini, perlu ditekankan terlebih dahulu bahwa membuat sebuah blog bisnis harus dilakukan sebelum melakukan tahapan ini. Tanpa memiliki sebuah blok di website Anda yang memiliki banyak konten yang baik, maka Anda tidak memiliki apa-apa yang perlu dibuatkan link.

Ada dua teknik membangun link yang sangat umum dan tidak memerlukan kerja keras. Meski demikian, aktivitas-aktivitas ini memerlukan investasi waktu yang sedikit lebih banyak dan juga sedikit investasi finansial. Teknik yang dimaksud adalah pemasaran artikel dan optimisasi rilis pers. Dengan kedua metode ini, Anda harus membuat konten relevan yang akan menarik bagi pasar Anda. Jadi, diperlukan lebih banyak waktu dibanding level 1. Selain itu, proses untuk membuat artikel-artikel Anda tersindikasi dan rilis pers yang Anda buat juga memerlukan upaya. Anda bisa mempertimbangkan menyewa jasa perusahaan page-rank atau perusahaan SEO untuk membantu Anda melakukan pekerjaan ini.

Jika dilakukan dengan benar, kedua metode ini bisa meningkatkan link ke website ini secara signifikan. Selain itu, jika Anda menulis artikel-artikel Anda dan rilis pers dengan sebuah strategi kunci dalam pikiran, dan dengan link yang mendukung strategi keyword Anda, maka itu akan meningkatkan ranking Anda untuk keyword tertentu.

Level 3: Link dari Jaringan yang Memerlukan Investasi Waktu Signifikan

Bagian membangun link ini adalah jenis yang mirip dengan penjualan. Mengajak langsung bisa dilakukan seara efektif untuk mendapatkan klien baru. Akan tetapi, cara-cara seperti membangun jaringan, mendapatkan referal, hukum tarik-menarik, dll merupakan cara yang lebih baik untuk mendapatkan klien-klien baru. Ini sama saja dengan membangun link. Jika Anda termasuk orang tipe mengajak, dan ada banyak tempat potensial dimana Anda mendapatkan sebuah link, maka Anda mungkin mempertimbangkan untuk membuat sebuah daftar webmaster dan meminta link kepada mereka.

Jika Anda bukan pembangun-jaringan alami, maka dianjurkan untuk lebih bersabar. Gunakan konsistensi dan habiskan waktu untuk membangun hubungan dengan pelaku-pelaku bisnis online lainnya.

Tidak jadi masalah rute manapun yang Anda pilih, tujuan level ini adalah membuat diri Anda terlibat diantara orang-orang yang tertarik dengan topik yang sama dengan ketertarikan Anda. Proses ini sedikit termasuk promosi diri. Tetapi, Anda harus mempromosikan diri Anda sendiri dengan sebuah cara yang menambah nilai. Anda akan menguasai level ini dengan bekerja seperti sebuah sumber bagi orang-orang di industri Anda. Bagaimana Anda melakukan ini? Yakni dengan membangun jaringan dan membangun hubungan-hubungan yagn bermakna. Tahapan pertama adalah membaca blog orang lain. Kemudian berkomentar di blog-blog tersebut. Selanjutnya, mulailah membangun hubungan dimana Anda berkomunitasi satu-lawan-satu dengan mereka. Dianjurkan untuk melakukan lompatan dari pembaca menjadi interaksi satu-lawan-satu dengan blogger, yaitu dengan mengarahkan mereka ke konten orang lain yagn mungkin menarik bagi mereka. Dalam dunia non-marketing, ini biasanya terjadi melalui email. Di dunia marketing, ini biasanya terjadi melalui Twitter. Jika Anda punya banyak pengetahuan ini mungkin bisa terjadi melalui situs Delicious. Jika Anda menggunakan StumbleUpon atau Digg, situs-situs ini merupakan platform yagn sangat baik untuk berbagi sesuatu dengan rekan. Bahkan Google REader memungkinkan Anda untuk melakukan pembangunan jejaring ini. Tetapi, strategi ini bisa terjadi melalui platform jejaring sosial manapun yang memungkinkan komunikasi satu-lawan-satu.

Dari perspektif pembangunan jaringan, tujuan akhir dari level ini pengajakan untuk menulis artikel tamu untuk blog atau website orang lain. Sebagai contoh, ketika Anda menulis artikel di blog atau website orang lain, Anda bisa menyisipkan link website Anda sendiri dalam tulisan tersebut. Link ini akan mengirim trafik ke website kita dan juga membantu meningkatkan ranking untuk keyword yagn ditargetkan.

Level 4: Link Yang Diberikan Orang Lain karena Anda Membuat Konten yang Berkualitas

Pada level ini, Anda tidak harus menghentikan aktivitas-aktivitas pada ketiga level di atas. Akan tetapi, pada level ini Anda menghabiskan lebih banyak waktu hanya untuk membuat konten yang berkualitas. Konten yang berkualitas umumnya akan menghasilkan banyak interaksi di komentar tulisan Anda. Dan secara alami akan banyak orang yang membuat link ke artikel Anda yang berkualitas tersebut.

Kesalahan terbesar yang kerap dibuat oleh para pebisnis internet pemula adalah berpikir bahwa membuat konten yang berkualitas di blog mereka merupakan satu-satunya cara untuk menjadi pebisnis internet yang sukses. Lebih parahnya lagi, banyak blogger pemula yang berhenti hanya dalam satu bulan menulis dikarenakan blog yang tidak memiliki pengaruh cepat terhadap volume trafik dan transaksi di website mereka.

Jika Anda mempublish konten yang berkualitas di sebuah website sosial populer dan menghubungkan serta membangun hubungan dengan orang lain, maka link-link yang berkualitas pun akan datang dengan sendirinya. Selama Anda belum mampu membuat konten-konten berkualitas semacam ini, level-level di atas masih tetap perlu dilakukan.

docobot

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed

Advertisement