Penghargaan Prestisius Untuk Bjarne Stroustrup

Ilustrasi Pemrograman

Mengenal berbagai bahasa pemrograman yang digunakan, bahasa pemrograman C++ termasuk bahasa pemrograman tingkat tinggi yang paling sering digunakan seorang programmer saat ini. Namun, bahasa pemrograman yang satu ini ternyata menjadi bahasa pemrograman yang sulit dipelajari. Bahasa pemrograman ini banyak digunakan untuk berbagai bidang seperti pengembangan game, pengembangan software, kemanan dan lain-lain.

Tentunya, dibalik hebatnya bahasa pemrograman ini ada sosok hebat pula yang menemukan dan mengembangkan bahasa pemrograman ini. Siapakah orang tersebut? Beliau adalah Bjarne Stroustrup, pria berkebangsaan Denmark yang lahir pada 30 Desember 1950. Awalnya, Bjarne Stroustrup mengembangkan bahasa pemrograman C++ setelah menyelesaikan PhD di Churchill Collage, University of Cambridge. Bahasa pemrograman C++ merupakan bahasa pemrograman yang beliau kembangkan dari bahasa C pada tahun1970-an.

Bjarne Stroustup

Baru-baru ini Bjarne Stroustrup dianugerahi the 2018 Charles Stark Draper Prize for Engineering. Penghargaan dengan total uang $500,000 ini diberikan kepada engineer yang karya-karyanya telah bermanfaat serta membantu dunia. Stroustrup mendapatkan penghargaan ini karena telah mengkonsep serta mengembangkan bahasa pemrograman C++ di kota Washington, D.C.. Sementara penghargaan ini baru akan diberikan sekitar bulan depan.

Saat mengetahui tentang penghargaan yang ia dapatkan, Stroustrup pun berkata “Ini adalah sebuah kehormatan yang besar dan langka. Saya kaget juga senang. Draper Prize adalah sebuah bentuk pengakuan bagi kerja keras komunitas C++. Para penerima Draper adalah orang-orang yang telah berkontribusi cukup banyak untuk dunia. Menerima penghargaan ini memotivasi saya untuk bekerja lebih keras lagiuntuk mencari tahu bagaimana meningkatkan software (C++)”

Sementara itu, Bjarne Stroustrup masih akan terus melanjutkan riset-risetnya dibidangIlmu Komputer termasuk pengembangan C++, distributed systems, design, programming techniques, dan software development tools. Ia menerima Ph.D. dibidang Ilmu Komputer dari Cambridge University dimana ia juga mendapatkan penghargaan honorary fellow of Churchill College. Selamat untuk Bjarne Stroustrup, semoga dapat terus memberikan karya-karya terbaiknya.