Sejarah Game Console Pertama

Magnavox Odyssey

Siapa sih yang nggak kenal dengan istilah game? Semua orang pasti pernah memainkan setidaknya satu game dalam hidupnya. Game tersedia pada berbagai perangkat elektronik maupun komputer, salah satu yang terkenal adalah video game console. Sejak pertama kali dirilis, video game console menghadirkan dimensi dan sensasi berbeda dalam bermain game, karena dengan hanya menggunakan menggunakan bantuan monitor TV kamu sudah dapat bermain game.

Konsol game yang marak diketahui dan paling banyak dimainkan adalah Nintendo dan Sega, namun tahukah kamu? Ada konsol game yang jauh lebih tua dari kedua konsol game tersebut. Magnavox Odyssey menjadi sebuah konsol game pertama yang dirilis. Jika Sega Genesis dirilis pada tahun 1988, Magnavox Odyssey telah diperkenalkan 16 tahun sebelumnya, yaitu pada 1972.

Website Informit mengungkapkan sejarah konsol game dan menjelaskan bahwa Magnavox Odyssey merupakan salah satu konsol game tertua dan muncul pada tahun 1970-an. Konsol game ini dibanderol dengan harga USD100 pada masa itu. Konsol grafis ini sudah mengandalkan perangkat monitor televisi dan menggunakan grafis hitam putih dan sudah dapat dimainkan secara multiplayer dengan controller, loh.

Magnavox Odyssey dirilis oleh Magnavox di Amerika Serikat pada September 1972 dan diluncurkan di luar negeri pada tahun-tahun berikutnya. Konsol game ini terdiri dari kotak berwarna putih, cokelat dan hitam yang terhubung ke televisi dan memiliki dua perangkat controller dengan kabel.

Perangkat ini mampu menampilkan tiga titik persegi pada layar dalam warna hitam dan putih monokrom, dengan perilaku berbeda untuk setiap titik tergantung pada permainan yang dimainkan, tanpa kemampuan suara.

Gamer harus menempatkan lapisan plastik di layar untuk membuat visual. Selain itu, gamer harus mengendalikan titik-titik mereka dengan tiga tombol dan satu tombol pada pengontrol sesuai dengan aturan yang diberikan untuk permainan.

Kabarnya, konsol Odyssey dikemas dilengkapi dengan dadu, uang kertas, dan perlengkapan permainan papan lainnya untuk disesuaikan dengan permainan. Ada pula controller lainnya, yakni senapan video game pertama yang dijual terpisah. Konsol game ini tidak meraih kesuksesan yang langgeng. Odyssey dinilai tidak terlalu menantang dan perangkat hanya bisa dipakai dengan satu set televisi brand Magnavox. Konsol game ini hanya terjual 200 ribu unit dalam waktu tiga tahun.

Seperti itulah penjelasan singkat mengenai kkonsol game pertama yaitu Magnavox Odyssey. Semoga bermanfaat ya!