Istilah istilah dalam Email Marketing

Dalam memahami Email Marketing, baik itu dengan cara membaca buku mengenai email marketing, browsing mengenai artikel email marketing, maupun mengikuti seminar, sering kali kita menemukan berbagai istilah-istilah dalam mendeskripsikan sesuatu yang penting dalam email marketing.

Berikut adalah istilah-istilah penting dalam Email Marketing

Conversion Rate
Jumlah atau persentase orang yang menerima email kemudian tertarik dengan isi email yang kita sampaikan sehingga penerima email akan menghubungi kita. Ini adalah ukuran sukses atau tidaknya kampanye Email Marketing yang kita lakukan. Kita dapan mengukur Conversion Rate dari jumlah penjualan yang di hasilkan, telp yang masuk, janji-janji meeting yang dibuat, dll.

Email Blocking
Email blocking adalah istilah yang mendeskripsikan bahwa email kita telah di-block oleh ISP. Email yang di block tidak akan di proses oleh ISP sehingga email tersebut tidak akan pernah terkirim kepada penerima. Block seperti ini dapat terjadi karena ISP menganggap email sebelumnya yang pernah kita kirim adalah spam. Oleh karena itu, ISP menduga, email yang akan kita kirim berikutnya juga berpotensi sebagai Email Spam.

Iklan Email Newsletter atau Sponsor
Membeli space iklan pada sebuah Email Newsletter atau menjadi sponsor untuk artikel tertentu merupakan arti langsung dari Iklan Email Newsletter atau Sponsor. Pengiklan akan membayarkan sejumlah uang atau bentuk lain untuk menempatkan iklan mereka pada Email Newsletter yang akan di kirim. Hasil yang diharapkan adalah peningkatan jumlah akses website pengiklan, penjualan produk pengiklan, pemahaman lebih mendalam terhadap produk yang ditawarkan oleh pengiklan dan masih banyak lagi

Hard bounce/Soft bounce
Hard bounce merupakan istilah untuk email yang gagal dikirim karena sesuatu yang permanen seperti alamat email yang tidak nyata.Soft bounce adalah gagal terkirimnya sebuah email karena alasan yang sementara seperti mail box yang penuh, server yang sedang down, dll.

House list (Retention LIst)
Email list yang kita bangun sendiri, sehingga list orang yang emailnya terdapat dalam list tersebut benar benar mengijinkan kita untuk mengirimkan email sesuai dengan persetujuan pemilik email. House list ataupun Retention list merupakan aset yang sangat berharga karena untuk  menjual produk atau jasa kepada konsumen lama 7 kali lebih mudah dan murah dari pada menjual produk atau jasa kepada konsumen baru. Pergunakan seluruh kesempatan yang ada untuk memperbanyak list ini dan juga gunakan sebaik-baiknya.

HTML email
Sebuah email yang memiliki format HTML (Hypertext Markup Language). HTML memperbolehkan kita untuk mengubah jenis huruf, warna, memajang gambar, merapikan layout dan masih banyak lagi. Penggunaan HTML dalam email dapat meningkatkan Conversion Rate

Open rate
Open rate merupakan jumlah atau persentase dibukanya semua kampanye email marketing oleh penerima yang berbanding dengan terkirimnya kampanye email marketing tersebut.

Opt-in (Subscribe)
Opt-in atau Subscribe merupakan sebuah tindakan untuk memberikan ijin kepada sebuah perusahaan, website, ataupun perorangan untuk mengirimkan email kepada Anda. Anda biasanya dapat memilih email jenis apa yang dapat dikirim kepada Anda. Dengan begini, hanya email tertentu sesuai dengan keinginan Anda saja yang dapat dikirim oleh pengirim.

Opt-out (Unsubscribe)
Opt-out atau unsubscribe merupakan suatu tindakan untuk menarik kembali ijin yang pernah diberikan. Dengan demikian, pengirim tidak berhak lagi untuk mengirim email kepada penerima.

Privacy policy
Merupakan keterangan secara jelas mengenai semua informasi yang di terima dari user. Keterangan ini berkaitan dengan kerahasiaan data dan juga penggunaan data. Privacy policy sangat penting karena user akan merasa aman jika mengetahui data mereka akan digunakan dan di distribusikan sesuai dengan ijin yang bersangkutan secara aman.

Rental List (Acquisition list)
Merupakan sebuah list yang dapat di sewa ataupun dapat di beli oleh individual, group ataupun perusahaan dengan harga tertentu. Hati hati jika Anda akan menyewa ataupun membeli email list dari orang lain. Pastikan bahwa email yang akan anda beli adalah valid, dan haruskan garansi untuk semua email list yang akan Anda beli. Garansi dapat berupa pengembalian ulang, ataupun punishment lain yang harus di tanggung oleh penjual.
Banyak akibat yang dapat ditimbulkan dari pengiriman email kepada alamat email yang tidak valid seperti Branding anda akan menurut kredibilitasnya bahkan sampai mengakibatkan Email Block

Signature
Biasanya merupakan barisan kalimat penutup dari sebuah email yang berisikan pesan seperti nama pengirim, nama perusahaan, alamat perusahaan, telp, no pin bb, dll.

Spam
Email yang dikirimkan kepada seseorang yang tidak melakukan subscribe terhadap pengirim bisa di identifikasikan sebagai spam.  Spam dapat mengakibatkan Email Block

Target (Segmen)
Target atau Segmen merupakan bagian kecil dari House List. Target atau Segmen dapat berupa kumpuilan email yang pernah membuka minimal satu kali email yang kita kirim, ataupun kumpulan list email yang pernah minimal satu kali meng-klik link yang kita sediakan dalam email.

Viral Marketing
Merupakan sebuat tipe marketing dimana konsumen secara sukarela mempromosikan produk atau jasa melalui pengiriman email kepada teman teman konsumen, media sosial, blog, dll. Istilah lain adalah marketing dari mulut ke mulut atau marketing dengan basis rekomendasi dari orang yang sudah di kenal.

One thought on “Istilah istilah dalam Email Marketing

  1. Pingback: Membangun Bisnis online dengan Email Marketing - Docotel Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>